oleh

Pemkab Pesibar Buka Pelatihan Keterampilan Tenaga Kerja

Peserta nampak antusias sekali mengikuti pelatihan tersebut.

Pesibar, Warta9.com – Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH. diwakili Sekretaris Daerah Ir. N.Lingga Kusuma,MP menghadiri acara pembukaan kegiatan pelatihan keterampilan tenaga kerja Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021, di Aula Hotel Kurma, Kecamatan Pesisir tengah, Senin (20/09/21).

Dalam sambutan Bupati disampaikan Sekda Pesisir Barat mengatakan, dalam rangka menciptakan dan memperluas kesempatan kerja atau lapangan usaha untuk mengurangi pengangguran, sekaligus untuk mempercepat proses penanggulangan pengangguran adalah tugas pemerintah sesuai dengan amanat undang-undang dasar 1945.

Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melaksanakan program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja. Dengan kegiatan ini diharapkan akan tercipta meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan menjadi kader-kader wirausaha baru atau pengusaha pemula yang berkualitas, produktif dan beretos kerja tinggi, sehingga upaya perluasan kesempatan kerja melalui kegiatan wirausaha dapat dijalankan dan dikembangkan sendiri oleh masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.

Data Kabupaten Pesisir Barat tentang tenaga kerja menurut BPS pada tahun 2020 tercatat sebanyak 79.227 angkatan kerja yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pesisir Barat. Dengan jumlah pengangguran terbuka sebanyak 2.698 atau sebesar 3,41%.

Untuk itu, dengan adanya pelatihan keterampilan tenaga kerja ini diharapkan seluruh peserta pelatihan nantinya mampu menerapkan ilmu yang didapat sehingga mampu meningkatkan kemampuannya dan dapat segera melakukan akselerasi untuk peningkatan ekonomi yang diikuti oleh peluang wirausaha. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed