oleh

Pemkab Pesisir Barat Peringati Hari Pahlawan

Pesibar, Warta9.com – Pemkab Pesisir Barat melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, yang mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’. Tepat hari ini juga merupakan HUT ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI).

Kedua acara dihelat menjadi satu di Lapangan Merdeka, Labuhan Jukung Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (10/11/21). Untuk perayaan HUT KORPRI bertema ‘ASN Bersatu, Korpri Tangguh Indonesia Tumbuh’.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, diwakili Sekdakab Ir.N.Lingga Kusuma,MP menyampaikan, hari pahlawan adalah peristiwa sejarah pertempuran indonesia yang terjadi pada 10 november 1945 silam. Peristiwa tersebut diperingati untuk mengenang kembali jasa pahlawan nasional Indonesia.

“Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai,” ujar Sekdakab Lingga.

Masa itu lanjut ia, para penjajah negeri bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja rodi dan romusa tanpa upah dan bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup.

“Kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 november 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan hari pahlawan,” tutunya.

Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja pada setiap tanggal 10 november, namun lebih dari itu dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya.

“Jika dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid 19 yang saat ini melanda dunia,” tegasnya.

Melalui peringatan hari pahlawan tahun 2021 di tengah pandemi covid 19, diharapkan masyarakat dapat turut berpartipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan.

Kemudian pada kesempatan itu juga, Pejabat Administrator tersebut mengucapkan selamat HUT Korpri ke-50. “Kita harus optimis menatap masa depan. Kita harus percaya diri menghadapi tantangan kompetisi global. Kita harus yakin menjadi salah satu negara terkuat di dunia,” katanya.

Kunci menjadi negara pemenang ialah persatuan dan kesatuan. Negara dengan ’17 ribu pulau, dengan agama, suku, budaya dan bahasa daerah yang beragam ini menjunjung Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman ini adalah kekuatan. Kemajemukan adalah anugerah dari tuhan yang maha esa, kepada bangsa indonesia, yang harus di jaga dan rawat bersama-sama.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pesisir Barat, unsur forkopimda Lampung Barat – Pesisir Barat, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan pelaksana di lingkungan Pemkab setempat. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed