Pemkab Tubaba Akan Bentuk Desa Wisata

Pemkab Tulangbawang Barat akan membentuk desa wisata di Kabupaten tersebut. Kepastian itu disampaikan Sekdakab Novriwan Jaya saat melakukan koordinasi pembinaan ASN, Kamis (14/1/2020).

Dengan mengawali kunjungan ke Dinas pertanian Kabupaten setempat yang berada di komplek perkantoran tiyuh panaragan Kecamatan Tulangbawah Tengah Novriwan mengatakan, kunjungan kerja yang dimaksud untuk melakukan pembinaan ASN (Aparatur Sipil Negara) dan memotivasi pimpinan OPD agar dapat melaksanakan program dan kegiatan prioritas yang sudah ditetapkan Bupati Tubaba, H. Umar Ahmad, SP tahun anggaran (TA) 2021.

“Ini bukan Sidak, tapi berkoordinasi, pembinaan ASN dan motivasi saja terkait disiplin dan kinerja di OPD,”ujar Sekdakab Novriwan Jaya.

Lebih lanjut dikatakan Novriwan, saat ini peningkatan karier ASN bergantung kepada kinerja dan disiplin pegawai sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomer 11 tahun 2017 tentang Menejemen Pegawai Negeri Sipil dan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Karena itu kinerja ASN memegang peranan penting untuk peningkatan karier ASN dimasa mendatang.

“Khusus di dinas Pertanian kita akan bentuk desa wisata yang berbasis pertanian,” jelas Novriwan.

Sementara itu, Kadis Pertanian Tubaba, Ir. Syamsul Komar, MM menyebut pihaknya akan melakukan langkah identifikasi desa/tiyuh terkait dengan pembentukan desa wisata berbasis pertanian tersebut.

“Identifikasi itu tekait dengan peluang, fotensi dan komoditas apa yang bisa kita jual, contohnya kebun anggur di tiyuh Penumangan, jambu kristal di Gunung Agung dan Jambu Deli di Way Kenanga serta bagaimana langkah pengembangnya,” ungkap Syamsul.

Lanjut Syamsul, semua pihak akan disatukan dan bersinergi bersama untuk menjadi unggulan serta penataan yang akan dikonsolidasikan di Tiyuh-tiyuh Tubaba yang memiliki potensi wisata berbasis pertanian dalam mewujudkan terbentuknya desa wisata Tubaba tersebut. (**)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.