Pemkab Waykanan Jamin Kesehatan Masyarakat

Waykanan, Warta9.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan telah menjamin kesehatan masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan yang di tanggung APBD pemkab setempat.

Jaminan kesehatan itu disampaikan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, saat menerima silaturahmi Dewan Pengurus Daerah Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Waykanan, Selasa (28/7/2020).

Namun terkait kondisi keuangan dalam situasi pandemi Covid 19, lanjut bupati, Pemkab Waykanan belum bisa menanggung seluruh masyarakat diluar program BPJS Kesehatan gratis yang telah di gelontorkan pihaknya.

Untuk itu, bupati menginstruksikan seluruh pelayanan kesehatan di kabupaten tersebut agar proaktif melayani masyarakatnya. Meski masyarakat perorangan tersebut belum masuk dalam program JKN yang ditanggung pemerintah daerah.

“Tentu tidak semua, karna kondisi keuangan daerah saat ini belum memungkinkan. Namun kita tetap berupaya maksimal. Terkait bantuan dana untuk organisasi JPKP, akan kita upayakan tahun berikutnya,” kata Adipati.

Sementara Penasehat DPD JPKP Kabupaten Waykanan, Yuli Purwanto yang juga sebagai Kepala Kampung Umpu mengatakan, kedatangan pihaknya selain silaturahmi juga melaporkan kegiatan sosial yang telah dilakukan pihaknya selama satu tahun terahir.

“Kami juga meminta dukungan kepada instansi dan dinas terkait menyangkut kegiatan sosial yang bersentuhan dengan masyarakat. Karena dukungan tersebut sangat kami butuhkan,” harapnya.

Di tempat yang sama Ketua DPC JPKP Kecamatan Blambangan Umpu, Suin Kasiati menuturkan, Ormas JPKP sifatnya sosial tidak mencari keuntungan, banyak bergerak membantu orang sakit yang tidak mampu dan tidak memiliki BPJS.

“Kendala yang kami hadapi di lapangan terutama masalah biaya. Sebab kami bentuknya kegiatan social yang tidak memungut biaya dari orang yang kami bantu. Apalagi jika menyangkut orang yang sakit yang tidak memiliki BPJS, selain urunan anggota biasanya kami dibantu juga donasi dari warga setempat dan kepala kampung,” imbuhnya. (Joe/sisi)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.