Pengamanan Arus Mudik, Polres Mesuji Gelar Rakor Lintas Sektoral

Mesuji, Warta9.com – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Mesuji menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Krakatau 2018 dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1439 Hijriah tahun 2018. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Rumah Makan Ngawi Indah, di Jalan Lintas Timur, Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Rabu (30/5).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, SH, SIK,MM., dihadiri oleh Wakil Bupati Mesuji Hi. Sally,TH, Perwira Penghubung Kodim 0426 Tulangbawang Mayor Arh.Wahyudi, para Kapolsek, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Edi, rapat ini sangat penting dilakukan guna memantabkan persiapan dan kesiapan agar nantinya keberadaan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos pantau yang ada benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya, dapat memberikan pelayanan dan rasa aman bagi para pengguna jalan yang sedang melaksanakan mudik lebaran.

“Nantinya, disetiap pos tersebut selain menyiapkan personil gabungan dari kepolisian dan dinas instansi, disitu juga akan disiapkan papan informasi tentang lokasi keberadaan Rest Area, Rumah Makan, Bengkel Mobil dan Motor yang teknisi nya siap on time 24 jam, serta nomor-nomor penting yang sewaktu-waktu dibutuhkan dalam keadaan darurat,” ujar kapolres.

Untuk itu, orang nomor satu di Polres Mesuji itu juga mengharapkan kepada seluruh jajarannya yang terlibat dalam Ops Ketupat tersebut untuk sama-sama meningkatkan rasa Kepedulian, utamanya terhadap seluruh pengguna jalan. Dia juga memastikan jika pihaknya akan memasang Banner pemberitahuan tentang kondisi jalur bagi pemudik di beberapa titik rawan kecelakaan.

“Kita rencanakan agar dalam Ops Ketupat kali ini polres dapat menyatu dengan seluruh instansi yang ada seperti Dinas perhubungan, TNI, Pol PP, Damkar, Dinas Kesehatan, Kesbangpol dan RAPI dalam Operasi Ketupat Krakatau 2018 ini agar lebih maksimal dan sesuai harapan,” tambahnya lagi.

Sementara pada kesempatan itu juga  Perwira Penghubung (Pabung) Mayor. Arh.Wahyudi., menyarankan agar ditiap pos itu harus diberi tulisan Rest Area agar pengguna jalan tidak sungkan untuk beristirahat. “Bahkan, Markas Komando Rayon Militer (Koramil 426-01 Mesuji) yang terletak di Desa Simpang Pematang pun siap untuk dijadikan Rest Area jika perlu,” ujarnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Mesuji Sally TH., memastikan Pemkab Mesuji akan senantiasa mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Polres Mesuji dalam rangka melakukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri mendatang. “Kita sudah koordinasi kan dengan OPD terkait untuk menyiapkan personil yang diperbantukan serta jika perlu logistik untuk mendukung kegiatan ini,” tandanya.

Diketahui, dalam rangka melakukan pengamanan mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah. Mapolres Mesuji akan menyiapkan lima pos pengamanan (Pos -PAM) dan pos pelayanan (Pos -Yan). Adapun kelima pos tersebut tersebar dibeberapa wilayah yakni Pos Pengamanan berada di Desa Simpang Asahan dan Desa Agung Batin. Sementara Pos Pelayanan berada di Desa Simpang Pematang, serta Pos Pantau di Desa Wira Bangun dan di Jalur Lintas Timur sekitar wilayah moro-moro tepatnya di Pos Alba 4. (Mihsan)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.