Pentingnya Kerukunan Guna Mencegah Paham Radikal

Lampung Selatan, Warta9.com – Ketua Bidang Perempuan dan Anak Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Lampung, Endang Irawati mengatakan pentingnya kerukunan warga masyarakat sebagai “modal dasar” dalam mencegah paham radikal.

‘Kerukunan itu penting, antar intern pemeluk agama, antar pemeluk agama dan suku, guna membangun rasa kebangsaan. Tepo seliro, serta saling tolong-menolong,” kata Endang ketika sharing di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita
Way Hui Lampung Selatan, Sabtu (20/7/2019).

Menurut Endang, kerukunan antar pemeluk agama dan juga antar sesama pemeluk agama dapat mencegah paham-paham yang masuk, yang bertujuan memecah belah bangsa.

Endang yang juga Sekertaris Wilayah Muslimat Nahdhotul Ulama (NU) Lampung itu menjelaskan ibu-ibu yang masih di dalam Lapas, bisa juga sharing ke keluarganya untuk selalu dekat dengan anak dan keluarga.

“Jangan sampai ikut aliran garis keras, namun hendaknya selalu menanamkan rasa kasih sayang dengan sesama, toleransi antar seagama dan antar pemeluk agama,” kata Endang.

Peran ibu di era milenial ini, tambah Endang, masih sangat diperlukan dalam mengedukasi atau mendidik anak-anaknya, misalnya melalui media sosial seperti face book, twitter, WA atau lainnya.

Kabid Perempuan dan Anak (FKPT) Lampung itu menjelasan, ada tiga faktor pemicu radikalisme terorisme, yaitu wawasan agama yang sempit, memiliki sikap keras untuk merubah ideologi negara yang dianggap tidak sejalan serta
memaksa satu model agama sesuai dengan pahamnya. “Cintailah Indonesia , yang sangat beragam tapi satu jua, dan jadilah perempuan sebagai agen perdamaian,” pesan Endang. (W9-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.