oleh

Pertama di Indonesia, PARI Masuk ‘Rutan’ Gelar Baksos Kesehatan

KOTABUMI – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotabumi bersama Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) seluruh Indonesia menggelar workshop dan bakti sosial USG gratis. Kegiatan yang diikuti oleh pegawai Rutan, warga binaan dan masyarakat umum itu berlangsung di Aula Rutan setempat, Sabtu (21/12/2019).

Kegiatan tersebut sebelumnya juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Nota kesepahaman kesehatan itu ditandatangani oleh Kepala Rutan Kotabumi Denial Arif bersama Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) Lampung Utara.

Kepala Rutan Kotabumi Denial Arif mengapresiasi kegiatan sosial PARI masuk ‘Rutan’ yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Bakti sosial layanan USG gratis itu bukan hanya diikuti warga binaan, namun juga diikuti oleh masyatakat sekitar Rutan.

“Layanan kesehatan masuk ‘Rutan’ gratis ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Tujuannya untuk menjaga kesehatan para warga binaan selama berada di dalam rutan agar mendapatkan hak yang sama,” ujar dia.

Pengobatan gratis itu sebelumnya telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Rutan Kotabumi dan PARI Lampung Utara. “Ternyata warga binaan antusias mengikuti kegiatan ini. Dari jam 9.00, kursi antrian sudah dipenuhi warga binaan,” tambahnya.

Sementara Sonogrfer Indonesia Tri Suartini, Dipl. Rad, SST, MKes mengaku, workshop kesehatan gratis ini bukan hanya diikuti oleh PARI se-Lampung. Namun kegiatan ini juga diikuti PARI dari luar Lampung.

Tujuan dari kegiatan tersebut, lanjut dia, untuk mengidentifikasi penyakit menular atau penyakit lain khususnya warga binaan. Hasil pemeriksaan tersebut akan dikirim ke dokter spesialis yang mensuport pihaknya untuk selanjutnya dikirim ke Jakarta agar mendapat tindakan selanjutan.

“PARI hanya sebatas pemeriksaan dan memberikan rekomendasi atas penyakit. Untuk tindakan selanjutnya merupakan wewenang Rutan atau pihak terkait. Kegiatan ini murni inisiatif dari pengurus Cabang PARI Lampung Utara dan Rutan Kotabumi,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Pengadilan Lampura M. Amal, SE, Wakapolres Lampura Zulkarnain, Kejaksaan Lampura, Sukma Frando, dan Kodim 0412 yang diwakili Letda Inf. Rihantoyo. (Rozi/zal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed