oleh

Perwosi – Dispora Gelar Lomba Senam Lampung Berjaya

Perwosi dan Dispora menggelar Senam Lampung berjaya dan senam aerobik.(foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com -Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Lampung bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung menggelar lomba senam Lampung Berjaya. Lomba ini diperuntukkan bagi tim senam perwakilan 14 Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung di GOR Sumpah Pemuda Way Halim Bandarlampung, Minggu (21/11/2021).

Lomba Senam Lampung Berjaya dibuka oleh ketua harian Perwosi Lampung Hj. Rusdiana Dewi. Dalam sambutannya, ia mengatakan, agar senam seperti ini dapat dilestarikan di masyarakat dengan harapan mampu memberikan inspirasi di tengah masyarakat untuk gemar berolahraga secara teratur. “Senam Lampung Berjaya ini diciptakan oleh ibu Riana Sari Arinal, Ketua Perwosi Lampung untuk disebarluaskan ke masyarakat agar menjadi hebit olahraga seluruh lapisan masyarakat,” kata Rusdiana.

Selain senam Lampung Berjaya, juga dilombakan senam aerobik terbuka untuk umum yang diikuti oleh para penggiat senam di Provinsi Lampung dalam beberapa kategori diantaranya dengan kelompok umur dan kelompok instruktur.

Pelaksana tugas Kadispora Provinsi Lampung, Desca Paksi Moeda, E dalam laporannya menyampaikan, bahwa syarat peserta untuk tim Senam Lampung Berjaya adalah dalam satu tim terdiri dari 6 orang yang terdiri dari penggiat olahraga dan bukan instruktur senam, dan lagu yang digunakan murni lagu senam Lampung Berjaya.

“Lalu untuk lomba senam aerobik ada tiga kelas, yakni kelas usia di bawah 34 tahun, dan usia 35 tahun keatas serta kelas instruktur. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat berolahraga di tengah masyarakat menuju masyarakat yang sehat dan bugar,” kata Desca.

Dewan juri yang menilai lomba ini terdiri dari instruktur dari Perwosi Lampung, Linda dan Yurike Laloan, kemudian dari unsur akademisi Budi Setiawan dan dari Asiafi, Henny.
Juri khusus untuk tim senam Lampung Berjaya akan menilai beberapa faktor diantaranya keragaman, penampilan, teknik gerak, dan formasi yang dilakukan oleh setiap tim peserta. Sementara untuk Aerobik, dinilai sesuai dengan kriteria umum yang ada.

Sesuai dengan data yang diperoleh dari penjurian, keluar sebagai juara untuk Senam Lampung Berjaya adalah tim dari Lampung Utara, disusul dari Pesawaran juara dua, Lampung Timur juara tiga. Kemudian Lampung Tengah, Mesuji dan Lampung Selatan sebagai juara 4,5 dan 6.

Sementara untuk senam Aerobik usia dibawah 34 tahun, keluar sebagai juara 1 Fitriana, juara 2 Vidia, juara 3 Nilai Anjarsari. Juara harapan 1,2 dan 3 Disha, Yovanka dan Evilla.

Kelas diatas 35 tahun juara 1,2 dan 3 masing-masing Meiliana, Farida dan Iis. Untuk harapan 1-3 adalah Ika, Sopia dan Eriyani.

Di kelompok Instruktur keluar sebagai juara 1,2 dan 3, Desi Perwita Sari, Mayasari, dan Nancy. Sementara harapan 1-3 masing-masing Esti, Adelia, dan Fitri.

Menurut panitia pelaksana lomba ini, Noviria Indah Sari, kali ini diikuti lebih dari 200 peserta. Antusiasme peserta disebabkan memang belakangan ini sangat jarang dilakukan lomba. “Lomba kali ini kami lakukan dengan prokes yang ketat. Dan kami berterima kasih antusiasme peserta luar biasa,” katanya. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed