oleh

PkM Dosen Universitas Teknokrat Buat Penerapan Alat IoT Kadang Sapi Modern

Samsugi, dosen Tim PkM Universitas Teknoktat Indonesia di kandang sapi modern Tanjungbintang Lamsel. (foto : ist)

Lampung Selatan, Warta9.com – Dosen Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Peringkat 1 se-Sumbangsel melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), di kandang penggemukan sapi.

Melalui penerapan alat Internet of Things (IoT) Kandang Sapi Modern, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertumbuhan sapi bagi Kelompok Peternakan CV Sapi Sport Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, merupakan salah satu rangkaian dari Hibah yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) RI melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun usulan 2020, tahun pelaksanaan 2021.

Dalam kesempatan ini Tim PKM yaitu ; S. Samsugi, S.Kom., M.Eng dan dua dosen sebagai anggota yaitu Dedi Darwis, M.Kom., dosen FTIK Universitas Teknokrat Indonesia dan Sri Handayani, SP, MEP, yang merupakan Dosen program studi Agribisnis Politeknik Negeri Lampung. Tim PKM memilih mitra PKM di bidang peternakan sapi yaitu CV Sapi Sport yang beralamatkan di Jalan Jati Indah – Purwodadi Dalam – Purwodadi Simpang Kelurahan Jati Indah, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut Ketua pelaksana penerima Hibah dari Kemendikbudristek, S. Samsugi menjelaskan, kegiatan yang dilakukan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu :

Pelatihan dan pendampingan penggunaan alat IoT untuk penimbangan pakan sapi yang dibangun untuk dapat memberikan pakan sesuai kwantitas dan sesuai jadwal yang telah di standarkan. Kegiatan telah di laksanakan 1 Juli 2021.

Pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan aplikasi monitoring pertumbuhan sapi. Kegiatan telah dilaksanakan pad 29 Juli 2021.

Kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya adalah pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan aplikasi perhitungan HPP yang di rencanakan akan dilaksanakan pada akhir September 2021 sekaligus melaksanakan pelatihan dan pendampingan untuk perawatan alat dan aplikasi.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada KEMENDIKBUDRISTEK RI yang telah mendanai kegiatan pengabdian masyarakat ini. Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Bapak Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA. dan Tim LPPM UTI yang selalu mendukung dan memfasilitasi seluruh kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa,” ujar Samsugi.

Sementara itu, pihak CV Sapi Sport melalui pemiliknya yaitu Fendi mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim Universitas Teknokrat yang telah memberi materi dan pelatihan aplikasi yang sangat bermanfaat dalam membantu mengelola data sapi sampai penjualan sapi. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed