Poktan OKI Terima Bantuan Ratusan Alsinta dari Pemprov Sumsel

Kayuagung.Warta9.com – Salah satu bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kepada Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang telah menjadi salah satu penopang pangan di Sumsel, kelompok tani (Poktan) asal Kabupaten OKI kembali menerima ratusan alat mesin pertanian (alsinta) dalam berbagai jenis dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ratusan alsintan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin saat melakukan Safari Ramadhan di Kabupaten OKI, Sabtu (26/5/2018). “Sejak 2015 yang lalu, bantuan yang sudah diberikan untuk pertanian di OKI lebih dari Rp101 milyar,” ungkap Alex.

Lanjut Alex, bantuan tersebut untuk sektor pertanian saja. “Karena OKI salah satu andalan kita untuk ketahanan pangan. Berkat itu, dengan bangga saya sampaikan Sumsel surplus 2,5 ton beras setiap tahunnya, ini juga membantu ketahanan pangan RI,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan agar apa yang disalurkan tersebut dapat bermanfaat dan dapat menambah semangat dari para petani dalam menghasilkan produk-produk terbaik. “Total yang diserahkan ini bernilai lebih dari Rp12 milyar. Mulai dari jenis traktor roda dua, roda empat, komben serta beberapa jenis alsintan lainnya,” terangnya.

Selain menyerahkan bantuan alsintan, dalam kesempatan tersebut gubernur juga berpamitan dengan warga OKI yang hadir dalam acara buka bersama tersebut. Menurutnya, dirinya dapat berpamitan dengan kepala tegak dengan berhasil membawa provinsi Sumsel menjadi salah satu provinsi yang disegani di Indonesia.

“Alhamdulillah tidak mengecewakan, sehingga bisa pamit dengan kepala tegak. Dari seluruh gubernur yang aktif, maupun gubernur yang tidak aktif, yang mendapat penghargaan bintang maha putra utama baru Sumsel. Itulah saya bisa pamit dan kepala tegak,” ujarnya.

Ditambahkan pelaksana tugas (Plt) Bupati OKI, H M Rifa’I, SE bahwa, dengan adanya alsintan-alsintan ini diharapkan agar dapat lebih mendukung dan mensukseskan program-program pemerintah. “Menyatukan semangat persatuan membangun Kabupaten OKI dan Sumatera Selatan,” ujar Rifa’i.

Apalagi, lanjut Rifa’i, beberapa bulan lagi Indonesia khususnya Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sehingga masyarakat harus turut mensukseskan perhelatan Akbar tersebut. “OKI khususnya, tahun ini akan ada banyak agenda besar mulai dari Pilkada serentak hingga pelaksanaan Asian Games. Sukses terselenggaranya agenda ini tergantung pada masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, masih katw Rifa’i, pihaknya selalu mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kondusifitas wilayah. Tak hanya itu, dirinya juga mengajak untuk bersama menjaga wilayah agar bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutbunla) seperti beberapa tahun yang lalu tidak lagi terulang, karena hal ini dapat menghambat agenda yang akan dilaksanakan tersebut. (W9-Indra)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.