oleh

Prof. Wiku Minta Testing Pelacakan COVID-19 Diperbaiki, Kematian Meningkat Harus Jadi Perhatian

Prof Wiku Adisasmito, Tim Pakar juga juber Satgas COVID-19. (foto : dok)

Jakarta, Warta9.com – Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam keterangan kepada wartawan melalui aplikasi Zoom di Jakarta, Kamis (22/7/2021) sore, mengatakan, kegiatan testing dalam upaya pelacakan kasus COVID-19 di sejumlah daerah perlu diperbaiki dan menjadi perhatian serius.

“Jumlah orang diperiksa yang mengalami penurunan selama empat hari terakhir, perlu untuk segera dikejar untuk meningkat kembali. Karena semakin tinggi testing, semakin banyak kasus yang dapat terdeteksi dan ditangani sejak dini,” ujar Prof. Wiku, juga juru bicara Satgas COVID-19 ini.

Hal lain yang juga perlu menjadi fokus bagi pihak terkait kata Wiku, angka kematian yang cenderung mengalami peningkatan selama sepekan terakhir. “Ini patut dijadikan refleksi kita bersama, terlebih sudah enam hari berturut-turut kematian kita mencapai angka lebih dari 1.000 setiap harinya,” katanya.

“Karena ini bukan sekadar angka, di dalamnya ada keluarga, kerabat, kolega dan orang-orang tercinta yang pergi meninggalkan kita,” ujar Wiku.

Kasus positif yang turun dan kesembuhan yang meningkat, kata Wiku, harus diikuti dengan penurunan angka kematian di tengah masyarakat.

Angka kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan sekitar 40 persen dalam sepekan terakhir. “Jika dilihat tujuh hari ke belakang, secara nasional kasus positif mengalami penurunan di mana semula 56.757 pada 15 Juli, menjadi 33.772 pada 21 Juli atau turun sebesar 40 persen,” kata Prof Wiku. (W9-jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed