Program Mempolisikan Masyarakat Jadi Prioritas Polres Tulang Bawang

Tulang Bawang, Warta9.com – Kapolres Tulang Bawang AKBP. Raswanto Hadiwibowo, SIK, M.Si mengagas konsep gerakan aktif untuk menciptakan tatanan kehidupan sosial yang aman, tentram, nyaman, damai dan kondusif. Gagasan itu adalah dengan konsep mempolisikan masyarakat.

Perwira dua melati dipundaknya itu menerangkan, pihak Polres tengah bergerak aktif guna memberikan pelayanan hukum, pengayoman maksimal kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkannya dihadapan para awak media yang tergabung dalam organisasi Aliansi Jurnalis Online Indonesia (AJOI) Cabang Tulang Bawang pada saat Audensi diruang kerjanya, Kamis (16/08/2018).

“Dengan begitu jajaran Polres mulai dari tingkatan sudah dan tengah gerakan aktif untuk melakukan pelayanan maksimal. Menciptakan suasana yang kondusif dan meminimalisir dan memberantas angka tindak kejahatan,” katanya.

Guna mensukseskan gagasan itu, lanjutnya, Polres Tulangbawang meluncurkan program mempolisikan masyarakat. Artinya, masyarakat diharapkan dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

akita gerak aktif sosialisasikan mempolisikan masyarakat. Setiap warga sipil harus bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan menjadi polisi bagi keluarganya, lingkungannya, tetangganya dan masyarakatnya,” ucap Raswanto.

Sambung Kapolres, program mempolisikan masyarakat dilakukan guna melengkapi dan menyempurnakan, membantu tugas Polri dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan.

Apalagi jumlah anggota Polri dinilai belum mencukupi untuk ditugaskan satu kampung satu anggota, rata – rata satu anggota Babinkamtibmas membawahi dua sampai tiga kampung.

“Untuk itu perlu adanya program mempolisikan masyarakat. Dengan harapan dan tujuan bisa membantu dan meringankan tugas Polri dalam menekan tindak kejahatan, ” tegas Kapolres.

Dikesempatan yang sama Ketua AJOI Tulang Bawang Yendi Yusman mengapresiasikan semua terobosan dan gagasan program – program yang dilaksanakan oleh Polres Tulangbawang, salah satunya adalah gagasan mempolisikan masyarakat.

Ia juga mengajak Kapolres Tulang Bawang agar menjaga dan merawat kemitraan dengan insan Pers yang bertugas di wilayah hukum Polres setempat. Kemitraan yang sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai lembaga kontrol sosial.

“Polri dan insan Pers adalah dua mata sisi yang saling melengkapi dan mendukung. Peran Pers mendorong terbinanya tatanan kehidupan sosial yang nyaman, aman dan damai. Selaras dengan tugas dan peran Polri,” tutupnya. (W9-Wan)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.