Provinsi Lampung Siap Jadi Tuan Rumah Festival Qasidah Tingkat Nasional

Ketum LASQI Tarmizi Tohor menyerahkan bendera pataka ke Ketua Umum DPW LASQI Lampung Riana Sari Arinal. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Tawaran Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Drs. H. Tarmizi Tohor, MA, Provinsi Lampung bisa menjadi tuan rumah Festival Qasidah Tingkat Nasional pada tahun 2023.

“Tahun ini tuan rumah Festival Qasidah Ambon Maluku. Setelah itu, Kalimantan. Kalau LASQI Lampung siap, maka tahun 2023 bisa menjadi tuan rumah Festival Qasidah tingkat nasional,” ujar Tarmizi, dalam sambutan pada acara Pelantikan Pengurus DPW LASQI Lampung, di LT III Balai Keratun Telukbetung, Jumat (8/11/2019).

Tawaran Ketua Umum LASQI itu, langsung dijawab oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung. Saat pelantikan Ketua Umum LASQI Lampung Hj. Riana Sari Arinal, SH dan pengurus, Gubernur Arinal menyempatkan hadir menyaksikan pelantikan dan memberi ucapan selamat kepada ketua dan pengurus LASQI Lampung. Karena ada acara lain, Gubernur Arinal meninggalkan tempat.

“Tadi Pak Gubernur menyampaikan kepada saya, bahwa Lampung siap menjadi tuan rumah Festival Qasidah tahun 2023,” ujar Irwan S Marpaung.

Ketum LASQI Tarmizi mengatakan, secara historis qasidah merupakan seni yang lekat dengan kebudayaan Melayu. Meskipun terkesan sederhana, tapi perannya sangat kental dalam penyebaran Islam. Alunannya yang syahdu menjadikan qasidah kerap dijadikan sarana dakwah untuk lebih dekat kepada Sang Pencipta.

Sementara itu, Ketua Umum DPW LASQI Lampung Umi Riana Sari Arinal menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya dalam mengemban amanah sebagai Ketua Umum DPW Lasqi Provinsi Lampung masa bakti 2019-2024. “Tentunya saya tidak akan mungkin dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak dalam membina kominitas-komunitas seni musik islami, seperti qasidah, hadrah, marawis, marhaban, nasyid, sholawat, zikir dan lainnya,” ujarnya.

Dengan bersinergi bersama para pengurus DPW LASQI dan jajaran DPD LASQI seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Riana juga berjanji akan fokus membina pondok pesantren, Remaja Islam Masjid (Risma), Karang Taruna, maupun rohis di jenjang pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi. (W9-jam)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.