PWI, Kapolda dan Kejati Lampung Siap Teken Nota Kesepakatan Sengketa Pers

Bandarlampung, Warta9.com — Kapolda Lampung Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, akan menghadiri pelantikan Lembaga Advokasi dan Konsultan Hukum PWI Lampung periode 2023-2027, Kamis, 16 Maret 2023.

Pada agenda itu juga akan dilakukan penandatanganan surat kesepakatan bersama antara PWI Lampung, Polda Lampung, dan Kejati Lampung terkait penyelesaian sengketa pers.

Rencana kehadiran Kapolda Lampung itu disampaikan saat menerima audiensi jajaran pengurus PWI Lampung di ruang rapat Kapolda, Rabu, 15 Maret 2023.

Sejumlah pejabat utama Polda Lampung turut mendampingi diantaranya Wakapolda Brigjen Umar EFF, Irwasda Sustri Bagus, Kabid Humas Kombes Pandra, Kabid Hukum Basahil, dan Kabid Kerjasama Bryan.

Sementara rombongan PWI dipimpin langsung Ketua Wirahadikusumah, Sekretaris Andi Panjaitan, Wakil Ketua Organisasi Eka Setiawan, Wakil Ketua Kerjasama Segan Petrus Simanjuntak, Wakil Ketua Pembelaan Wartawan (Eks Officio Ketua LAKH PWI Lampung Koesmawati, dan  Rozali Umar.

“Saya sudah ada agenda tapi insya Allah saya sempatkan hadir ke PWI Lampung,” ujar Kapolda Lampung Irjen A Wiyagus.

Kapolda mengapresiasi komitmen PWI Lampung yang terus bekerja memberikan pencerahan kepada wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik yang mengedepankan aturan dan kode etik jurnalistik, termasuk diantaranya UU ITE.

“Saya mengapresiasi komitmen PWI memberikan pencerahan kepada jurnalis terkait UU ITE, sehingga rekan-rekan jurnalis menjadi contoh dalam membuat karya yang tak bertentangan dengan dengan hukum,” ujarnya.

Kapolda mengatakan pada era digital semua orang dapat menyebarkan informasi apa saja. Ia pun meminta agar wartawan dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam menyebarkan informasi yang bertanggungjawab.

“Era digital semua bisa membuat apa saja, khusus jurnalis agat menjadi tauladan dalam menyebar informasi yang bertanggung jawab. Peningkatan SDM ini termasuk di jurnalis,” tegas Kapolda.

Kepolisian, menurutnya memiliki kepentingan berkolaborasi bersinergi dengan rekan-rekan jurnalis. “Selama ini pencitraan kamtibmas sangat baik, bagaimana jurnalis memberikan support pengungkapan kasus-kasus.”

Wirahadikusumah juga mengapresiasi Kapolda beserta jajaran yang telah menyambut baik kehadiran jajaran pengurus PWI Lampung.

“Terimakasih atas penerimaan audiensi. Ini kali kedua PWI Lampung diterima beraudiensi dengan Kapolda Lampung,” jelasnya.

Ia memaparkan kehadirannya dalam rangka mengundang Kapolda Lampung untuk hadir pada pelantikan pengurus LAKH PWI Lampung dan penandatanganan surat kesepakatan bersama antara PWI dengan Polda dan Kejati.

“Dalam SKB itu, bagaimana kita memiliki visi misi yang sama terkait sengketa pers terlebih dahulu dilalui dengan mekanisme UU Pers,” ujar Wira.

Pada agenda besok pula akan dilakukan dialog yang akan menghadirkan Kajati Lampung, Kapolda Lampung, Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharma Wijaya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.