oleh

PWI Peduli Pendidikan, Pelajar di Tubaba Dilatih Ilmu Jurnalistik

Sambutan Bupati Umar Ahmad pada sesi pembukaan acara Pendidikan Jurnalistik.

BUPATI Tulangbawang Barat Umar Ahmad secara resmi membuka Pendidikan Jurnalistik (Jurnalism Education) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Tulangbawang Barat, di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Uluan Nughik, Panaragan Jaya, Rabu (22/9).

Kolaborasi antara PWI Tulangbawang Barat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu merupakan langkah konkret untuk membangun penerus dalam mendalami dunia jurnalistik, pelaksanaan dihelat pada tanggal 22-29 September mendatang. Berjumlah sebanyak 1700 siswa mengikuti pendidikan tersebut, terbagi menjadi tiga kelompok kelas A, B, dan C.

Nampak hadir pada acara pembukaan, Bupati Umar Ahmad, Ketua DPRD Ponco Nugroho, Kadis Kominfo Eri Budi Santoso, Kadis Disdikbud Budiman Jaya, Kasubag Polres Tubaba mewakili Kapolres, Ketua MKKS, para peserta dan seluruh pengurus PWI Tubaba.

Dalam sambutan Bupati Umar Ahmad menyampaikan, acara pendidikan ini merupakan upaya pembetukan kaderisasi. Bukan hanya membentuk kader wartawan tetapi dapat digunakan untuk membumikan Tubaba melalui pendidikan jurnalistik. Dari jumlah peserta Umar menyakinkan bahwa acara pendidikan jurnalistik merupakan pertama kali di Indonesia dalam bidang organisasi Wartawan.

Umar menyarankan, kedepan didalam materi-materi pendidikan itu mungkin harus ada pemateri khusus Pemkab Tubaba melalui Dinas bersangkutan untuk menyampaikan nilai-nilai Tubaba. “Kegiatan ini jangan dianggap acara seremonial, tetapi akan berkelanjutan dan bisa berkembang seperti membangun sekolah jurnalis di Tubaba, hal ini berdampak kemajuan juga pada Kabupaten kita,” imbuh Umar.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Tulangbawang Barat Edi Zulkarnaen mengungkapkan, kegiatan Journalism Education atau pendidikan jurnalistik ini dilakukan, berawal dari rasa prihatin PWI terhadap oknum yang mengatasnamakan wartawan. Oleh karenanya melalui acara itu, PWI berupaya mengambil peran dalam keberlangsungan generasi penerus dan membersihkan profesi wartawan atas perlakuan oknum tak bertanggungjawab.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi mensukseskan acara ini, terutama dewan guru dalam mengutus siswa didiknya untuk mengikuti pendidikan jurnalistik, dan kepada seluruh pengurus PWI Tubaba yang telah bekerjasama mempersiapkan semua hingga pelaksanaan pendidikan dimulai,” pungkas Edi. (Nan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed