oleh

Rakor dengan Menko Kemaritiman Investasi dan Sejumlah Menteri, Gubernur Arinal Usulkan 10 Prioritas Pembangunan Infrastrukur di Lampung

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat memimpin Rakor bersama Gubernur dan bupati/walikita di Lampung. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi mengusulkan 10 prioritas pembangunan infrastuktur dan pengembangan wilayah di Provinsi Lampung dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Provinsi Lampung Tahun 2021.

Rakor yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia secara virtual, Kamis (19/08/2021), dipimpin oleh Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dari Kantor Kemenko Marves Jakarta.

Rakor juga diikuti sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, dan lainnya serta para kepala daerah di Lampung.

Sepuluh prioritas pembangunan infrastuktur dan pengembangan wilayah di Provinsi Lampung yang diusulkan Gubernur Arinal yaitu;

1. Kawasan terpadu pariwisata Bakauheni (Bakauheni Harbour City).
2. Pengembangan Bandara Radin Inten II dan pusat kesehatan internasional.
3. Sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Lampung.
4. Pembangunan jalan tol dari exit tol Lematang menuju Pelabuhan Panjang.
5. Pengembangan kawasan pertanian holtikultura, perkebunan, dan peternakan di Tanggamus, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.
6. Sport center dan exhibiton center Lampung.
7. Revitalisasi tambak di kawasan sentra produksi udang.
8. Terminal Kota Baru tipe A.
9. Pengembangan jalur wisata Teluk Lampung sampai kawasan industri Tanggamus (Kotaagung – Sp. Kuripan – Cukuhbalak – Teluk Kiluan).
10. Revitalisasi tambak udang (shrimp farm) dari tradisional menjadi semi intensif di Lampung Selatan.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat mengikuti Rakor dengan Menko Marves dan sejumlah menteri. (foto : ist)

Dalam rakor tersebut, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan progres beberapa pembangunan infrastruktur di Provinsi Lampung yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Salah satunya adalah PSN yang berada di wilayah Kabupaten Pringsewu, yakni Bendungan Way Sekampung yang telah selesai pembangunannya, dan saat ini hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, yang direncanakan pada Agustus 2021 ini, sebagai kado HUT ke-76 kemerdekaan RI.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya tetap berkomitmen membangun infrastruktur untuk perkeretaapian, bandara, dan pelabuhan.
“Ke depan ada kereta bandara sehingga perjalanan ke Bandara Radin Inten II lebih singkat,” ujar Budi Karya Sumadi.

Kereta bandara pertama di Lampung ini rencananya beroperasi pada tahun 2022.
Kereta bandara ini tidak akan menggunakan jalur baru, namun mempergunakan jalur yang sudah ada. (W9-jam)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed