Ratusan Pengendara Ditilang, Kapolres : Kesadaran Berlalu Lintas Masih Rendah

Way Kanan, Warta9.com – Kesadaran berlalu lintas di Kabupaten Way Kanan tampaknya masih rendah. Pasalnya, pada operasi patuh krakatau 2018 ratusan pengendara ditilang petugas lantaran melakukan pelanggaran. Sedikitnya 100 pengendara terjaring razia yang dilakukan Satlantas Polres Way Kanan, di Jalan Lintas Sumatera Kampung Cugah, Baradatu, Kamis (03/04/2018).

Razia yang dipimpin lansung Kanit Turjawali Satlantas Polres Way Kanan Ipda Made Erdiana Putra itu, untuk mewujudkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. “Kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas di Way Kanan masih sangat rendah,” kata Kapolres Way Kanan AKBP Doni Wahyudi, S.Ik, melalui Kanit Turjawali Satlantas Ipda Made Erdiana Putra.

Made mengungkapkan, dari ratusan pengendara yang terjaring paling banyak didominasi karena tidak membawa kelengkapan surat, seperti SIM dan STNK. Ada pula sebagian yang ditilang karena tidak memakai helm standar dan penggunaan safety beld.

“Petugas berhasil menilang sebanyak 100 pelanggaran berupa 55 STNK dan 45 SIM, yang didominasi oleh pengendara kendaraan sepeda motor, jika ditemukan ada yang membawa senjata tajam maka akan kita bawa ke kantor dan dilakukan pemeriksaan,” ungkap Kanit.

Kanit menambahkan hasil pelaksanaan razia juga didapat pengendara yang tidak dilengkapi dengan surat kendaraan. “Pelaksanaan razia pada pagi ini kami temukan dua unit sepeda motor yang terjaring razia karena tidak dilegkapi surat kendaraan dan lansung kami amankan,” katanya.

“Pengendara rata-rata tidak menggunakan helm, serta pelanggaran kelengkapan kendaraan seperti tidak memasang kaca Spion, lampu utama dan lampu rem mati, tingkat kesadaraan pengendara di jalan masih cukup rendah,” ungkapnya.

Ia berharap seluruh kalangan masyarakat untuk terus tertib lalu lintas sehingga angka kecelakaan dapat menurun.

“Kita harapkan untuk membangun budaya tertib lalu lintas di setiap kalangan masyarakat, menjadi lebih besar dalam membangun budaya selamat. Sebab turunnya angka kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas, mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan di wilayah Kabupaten Way Kanan,” pungkasnya. (W9-Nia)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.