oleh

Rektor Universitas Teknokrat Usulkan Pemda Perlu Gandeng Perguruan Tinggi untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia HM. Nasrullah Yusuf, Bunda Literasi Lampung Riana Sari Arinal, Kepala Perpusnas M. Syarif Bando narasumber Talkshow Peningkatan Indek Literasi Masyarakat. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Rektor Universitss Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota agar menggandeng pihak kampus (perguruan tinggi,red) guna meningkatkan minat baca masyarakat dan literasi di tingkat pelajar.

Usulan itu disampaikan HM. Nasrullah Yusuf, di sela-sela acara Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Lampung, di Ballroom Swiss Belhotel, Selasa (15/6/2021).

Nasrullah Yusuf juga Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) ini menilai, meski dalam situasi pandemi Covid-19, Indek Literasi secara nasional termasuk Lampung indeks literasi mengalami peningkatan. Terutama literasi digital yang harus dilakukan terkait kemajuan TIK.

Mengenai peran pemerintah daerah dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan literasi, Nasrullah Yusuf sudah menyampaikannya kepada Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal. “Kami mengusulkan agar menggandeng kampus. Kami juga sudah menyampaikan kepada Bunda Literasi Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, bahwa pihak kampus siap untuk membantu literasi terutama literasi digital tingkat SD sampai SLTA,” ujar Nasrullah Yusuf.

Apalagi saat ini pemerintah sudah mempunyai program, maka bisa menjalin kerjasama dengan kampus. Dan itu bisa dimasukkan program literasi terutama literasi digital.

Nasrullah Yusuf memberi contoh dalam program kampus PKL dan KKN atau program lainnya, program literasi bisa dimasukkan. Pihak kampus sebelum menerjunkan mahasiswa ke masyarakat, mereka diberi pembekalan terlebih dahulu.

Universitas Teknokrat sendiri kata Nasrullah, telah melakukan pelatihan di 60 sekolah di Lampung. Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dosen dan mahasiswa telah memberi pelatihan kepada siswa dan guru tebtang berbagai menyangkut pengajaran. Tapi literasi yang banyak diberikan di Sekolah Tingkat Atas merupakan literasi digital.

Nasrullah Yusuf menyambut baik kegiatan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat. Diharapkan melalui talkshow ini, Bunda Literasi baik provinsi maupun kabupaten/kota, bisa lebih semangat dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan indek literasi di Provinsi Lampung.

Talkshow menghadirkan narasumber yaitu; Kepala Perpustakaan Nasional Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, SH, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, SH, MH dan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA. Sebelum acara Talkshow, dilakukan pengukuhan delapan Bunda Literasi Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. (W9-jam)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed