oleh

Riana Sari Arinal Ajak Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Bincang Bareng dengan Perancang Busana Oscar Lawalatta

Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari memperkenalkan berbagai motif kain Lampung kepada Oscar Lawalata. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, mengajak Ketua-ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, berbincang sembari dinner dengan perancang busana ternama Oscar Lawalatta, di Mahan Agung/Rumah Dinas Gubernur Lampung.

Sambil menikmati pemandangan malem di Telukbetung dari Mahan Agung, diskusi Riana Sari dengan Oscar dan para Ketua-ketua Dekranasda Kabupaten/Kota berlangsung hingga larut malam.

Turut mendampingi Riana Sari antara lain, Kadis Perindag Elvira Umihanni, Kadis Koperasi Syamsurizal, Kadis PPPA Fitria Damhuri, Wakil Ketua Dekranasda Mamiyani Fahrizal dan Sekretaris Dekranasda Rusdiyana Dewi .

Riana Sari memperkenalkan berbagai jenis busana khas Provinsi Lampung kepada Oscar. Seperti Sulam Jelujur dari Pesawaran, Tapis, Batik Lampung, Selendang Bekhak Riana, Tenun Ikat, tenun lurik dan lain-lain.

Riana Sari mengatakan, banyak sekali motif kain hasil pengrajin di berbagai daerah di Lampung. Untuk mengangkat karya-karya pengrajin perlu dilakukan upaya salah satunya menggandeng perancang busana Oscar Lawalata.

Dengan memanfaatkan kehadiran Oscar, maka istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini mengundang para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota makan malam bareng sambil berbincang-bincang dengan Oscar.

Kedatangan perancang busana ternama Oscar Lawalata ke Lampung masih rangkaian kegiatan Lampung Craft 2021, yang akan dibuka pada hari ini, Rabu (27/10/2021).

Pada Selasa (26/10) pagi, Riana Sari mengajak Oscar mengunjungi UMKM Batik Deandra di Kecamatan Kemiling, Bandarlampung.

“Saya ingin supaya batik tulis khas Lampung dapat dikenal hingga mancanegara, berkolaborasi dengan Oscar, saya berharap dapat mewujudkan keinginan tersebut,” ujar Riana.

Riana Sari berharap dengan hadirnya Oscar dapat memberikan sumbangan ide yang fresh, dan bagus untuk desain batik tulis Deandra.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung ini juga berharap Oscar dapat membesarkan perajin yang ada di Lampung, memberdayakan perajin yang terlatih untuk dapat menghasilkan karya yang bagus.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari juga menggandeng Didiet Maulana salah satu desainer kondang yang dikenal oleh banyak kalangan. Ia merupakan salah satu desainer yang telah berkarier cukup lama di dunia fashion Tanah Air.

Berbagai terobosan yang dilakukan Riana Sari sebagai langkah untuk memajukan hasil kerajinan tangan UMKM lokal agar dapat diterima dan dikenal luas oleh masyarakat bukan saja di kabupaten tetapi dikenal di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Sehingga mempunyai dampak ekonomi secara luas kepada masyarakat sekitar membuka lapangan pekerjaan dan perekonomian daerah. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed