Riana Sari Arinal Panen Buah dan Sayur di Kebun PKK Agropark Sabah Balau

 

Ketua TP PKK Provinsi Riana Sari Arinal melakukan panen buah dan sayur di Kebun PKK Agropark Sabah Balau Lampung Selatan. (foto : ist)

Lampung Selatan, Warta9.com — Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal melakukan panen buah dan sayur di Kebun PKK Agropark Lampung, Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (13/10/2023).

Panen buah dan sayur merupakan hasil kerjasama PKK Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Hanan Alam Utama (Binaan PTBA).

Riana Sari mengatakan, panen ini menunjukkan kolaborasi dan kerjasama yang baik sebagai upaya bersama pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di Provinsi Lampung.

Menurutnya, PKK Agropark Lampung menjadi destinasi wisata baru untuk keluarga-keluarga di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan itu, Riana Sari melakukan panen semangka, bawang merah, rampai, tomat, terong, kacang panjang, sawi dan timun. “Saya yakin suatu saat ini akan menjadi destinasi wisata baru untuk keluarga-keluarga yang ada di Provinsi Lampung,” ujar Riana Sari istri Gubernur Lampung ini.

Riana Sari menyebutkan, disini para keluarga nantinya bisa berkegiatan mulai dari menanam, panen dan membeli, hingga disediakan resto, kolam pemancingan dan adanya wisata berkuda.

“Mudah-mudahan dengan bergandengantangan bersama PTBA, Dinas KPTPH, kebun PKK ini bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat dan bisa memberikan manfaat yang banyak untuk masyarakat sekitar maupun untuk masyarakat di Provinsi Lampung,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Riana Sari menyampaikan apresiasi terhadap dukungan PTBA kepada Kebun PKK Agropark Lampung. “Saya kaget dan takjub setelah dikerjasamakan dan bantuan dari PTBA ini jadi luar biasa,” ujarnya.

Saat panen, Riana Sari didampingi Manager Umum SDM dan CSR PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Hamdani, Kepala Dinas KPTPH Provinsi Lampung Bani Ispriyanto dan Direktur PT Hanan Alam Utama Aang Haryadi.

Sementara itu, Manager Umum SDM dan CSR PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Hamdani mengatakan apa yang dilakukan PTBA dalam pengembangan PKK Agropark untuk mendukung pembangunan Lampung menuju Lampung Berjaya. “Yang kami lakukan disini bentuk kerjasama, inilah karya PTBA bersama Pak Aang yang kami bina,” ujar Hamdani.

Hamdani menuturkan dirinya juga menilai Ibu Riana sangat peduli kepada masyarakat. “Kami perhatikan selaku masyarakat Lampung, Ibu sangat energik dan sangat memperhatikan masyarakat dan ada dimana-mana (kunjungan). Ini sosok ibu yang dirindukan oleh banyak orang,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas KPTPH Provinsi Lampung Bani Ispriyanto mengatakan, PKK Agropark sendiri menjalin kerjasama dengan PTBA melalui csr nya salah satunya untuk pengembangan hortikultura.

“Semua tanaman hortikultura kita kembangkan disini diantaranya cabai, melon, rampai, tomat, kacang panjang termasuk semangka,” ujar Bani.

Bani mengatakan PKK Agropark Lampung terus melakukan penataan diantaranya saat ini sedang melakukan rehab untuk pagar dan jalan didalam kebun. “Semua melalui CSR PTBA, mudah-mudahan tahun ini bisa selesai sehingga tahun depan sudah rapih untuk wisata edukasi,” katanya.

Direktur PT Hanan Alam Utama Aang Haryadi mengatakan pihaknya melakukan pengembangan hortikultura di Kebun PKK Agropark Lampung seluas 3,5 hektare diantaranya tomat, sawi, bawang, cabai rawit, pare, timun, semangka dan melon.

Kemudian, bayam merah, kangkung, kacang panjang, terong lalap, gambas, jagung manis, alpukat dan padi.

Aang sendiri merupakan pensiunan PTBA yang merupakan pegiat hilirasi bambu mulai dari pertanian, kesehatan dan lainnya termasuk kriya atau kerajinan tangan. (W9-jm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.