Riana Sari Arinal Resmikan Gedung Galeri Tapis Negeri Katon Pesawaran

Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal sedang menandatangani prasasti peresmian Gedung Galeri Tapis Negeri Katon Pesawaran. (foto : jam)

Pesawaran, Warta9.com – Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal, SH, didampingi Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira Dendi, meresmikan Gedung Galeri Negeri Katon dan Launching Aplikasi Dekranasda Kabupaten Pesawaran, Jumat (18/10/2019).

Hadir dalam peresmian Galeri Tapis ini antara lain, Sekkab Pesawaran Ir. Kesuma Dewangsa, Wakil Ketua Dekranasda Pesawaran Siska Iriawan, perwakilan BI Perwakilan Lampung.

Dalam kesempatan ini, Riana Sari Arinal memuji Dekranasda Kabupaten Pesawaran yang telah mendirikan Galeri Tapis di Provinsi Lampung. Dengan adanya galeri ini, diharap dapat meningkatkan ekonomi para pengrajin di Kabupaten Pesawaran.

Riana Sari juga mengingatkan pentingnya Hak Cipta karya masyarakat atau pengrajin. Oleh sebab itu, pentingnya peran dari pemerintah daerah dan instansi terkait.

Kegiatan ini mengambil tema “Melalui Galeri Tapis dan Transaksi Digital, ketahanan peningkatan ekonomi rakyat dapat terciptakan”.

Riana Sari memuji Dekranasda Pesawaran yang sudah membangun Gedung Galeri Tapis Negeri Katon. Ketua TP PKK Lampung ini, mengharapkan masyarakat akan lebih kreatif dan inovatif dalam membuat kerajinan Lampung.

Kabupaten Pesawaran kata Riana, merupakan kabupaten pertama yang mempunyai Galeri Tapis. Provinsi Lampung yang memiliki berbagai kerajinan tradisional khas daerah yang menembus pasar nasional dan internasional salah satunya kain tapis. Oleh karena itu, Negeri Katon Pesawaran yang menjadi centra tapis hendaknya terus ditingkatkan sehingga memjadi kawasan wisata.

Kedepan Riana Sari selaku Ketua Dekranasda Lampung akan terus membangun komunikasi dengan Bank Indonesia, Bank Lampung dan BUMN untuk menjadi mitra binaan para pengrajin.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, maksud dan tujuan peresmian Galeri Negeri Katon untuk mendorong dan menumbuhkan produk-produk yang enovatif. Kemudian membantu para pengrajin batik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Masih kata Indira Dendi, saat ini sudah ada 273 pengrajin di Pesawaran. Dengan adanya galeri ini dapat memacu untuk majunya pengrajin di Kabupaten Pesawaran. Apalagi sekarang Dekranasda Pesawaran telah menggunakan aplikasi.

Peresmian Gedung Dekranasda Negeri Katon ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal dan pengguntingan pita Galeri yang berbentuk panggung ini.

Usai peresmian, Riana Sari Arinal didampingi Nanda Indira Dendi dan pengurus Dekranasda Lampung berdialog dengan para pengrajin yang sedang melakukan praktek di bawah panggung. Kemudian Ketua Dekranasda melakukan peninjauan ke Galeri Negeri Katon yang sudah banyak memajang berbagai kerajinan Lampung dan produk makanan. (W9-jam)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.