Rombongan Kirab Pusaka Singgah di Kecamatan Haurgeulis Indramayu

Indramayu, Warta9.com – Ratusan warga antusias menyambut kedatangan rombongan kirab pusaka yang singgah di Kecamatan Haurgelis Indramayu. Tak hanya masyarakat setempat, warga dari desa tetangga juga ikut menyambut untuk melihat kegiatan tersebut.

Pusaka yang dibawa seperti Gagak Winangsih, Cakra Udak Sana Kiyai Tambu, Gagak Pernala, Gagak Handaka, Mimang Latamosandi dan Jubah Tambal Sewu. Agenda rutin diselenggarakan setiap tahun menjelang perayaan Hari Jadi Kabupaten Indramayu tahun ini. Kabupaten yang juga dikenal sebagai Kota Mangga tersebut menginjak usia yang ke 491.

Camat Haurgeulis Drs. Asep Kusdianti, M.Si menuturkan, sejak lama masyarakat ingin sekali melihat langsung berbagai pusaka peninggalan sejarah pendiri Bumi Wiralodra. Sebab biasanya, kirab pusaka hanya mampir sekilas sekarang keinginan warga sudah tak terbendung Alhamdulillah tercapai.

“Mudah-mudahan dengan singgahnya rombongan pusaka ini, masyarakat dapat lebih mengetahui sejarah Indramayu,” kata Camat Asep, Sabtu (22/09/2018).

Menurut dia, ada kesan kuat kirab pusaka menjadi ajang bagi masyarakat untuk mengenal sejarah leluhurnya. Terlebih sebagian masyarakat percaya, momentum ini bisa membawa berkah bagi Desa di Kecamatan Haugeulis yang disinggahi kirab pusaka yang hanya dipertontonkan setahun sekali,” pungkas Camat Asep.

Ditempat yang sama sesepuh setempat mengaku bangga bisa melihat dan memegang langsung pusaka yang menjadi kebanggan Kabupaten Indramayu itu. “Sejak lahir sampai usia sudah sepuh ini, baru pertama kali bisa melihat dan memegang langsung benda pusaka sejarah Raden Wiralodra. Benar-benar pengalaman yang menakjubkan,” ucap sesepuh.

Sebelumnya, Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah mengatakan, kirab pusaka dilakukan untuk menghormati benda-benda pusaka peninggalan sejarah dan lebih mengenalkan kepada masyarakat Indramayu yang tersebar di 31 kecamatan.

“Sebagai peninggalan sejarah, kirab pusaka ini sangat bagus untuk dikenalkan kepada generasi muda yang ada di Indramayu sebelum kirab pusaka dilepas oleh Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah, terlebih dahulu diawali dengan doa bersama dan ziarah di Makam Raden Aria Wiralodra yang dihadiri oleh ratusan warga masyarakat dan undangan lainnya,” pungkasnya. (W9-Sai)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.