Sambangi Polres Lampura, KPU Lakukan PDPB Anggota Masuk Usia Pensiun

Kotabumi, Warta9.com – Dalam rangka melakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara terus melakukan upaya jemput bola. Kali ini, Senin, 16 November 2020, jajaran KPU setempat menyambangi Mapolres Lampura untuk meminta data anggota Kepolisian yang telah memasuki usia pensiun ataupun data anggota polisi baru.

Jajaran Komisioner KPU Lampura yang dipimpin Ketua KPU, Aprizal Ria didampingi Komisioner lainnya (Yansen Atik dan Tedi Yunada) disambut langsung oleh Kapolres AKBP. Bambang Yudho Martono, S.I.K., M.Si di ruang kerjanya. Tampak suasana keakraban dan hangat dalam pembicaraan kedua instansi tersebut.

Usai berbincang santai, Ketua KPU, Aprizal Ria mengatakan, kedatangan pihaknya ke Mapolres setempat adalah untuk bersilaturahmi dan berkoordinasi bersama Kapolres sebagai stakehokder dalam upaya melakukan kerja-kerja demokrasi.

“Kami kesini untuk silaturahmi sekaligus meminta data anggota kepolisian yang baru ataupun yang sudah pensiun untuk kita mutahirkan dalam data pemilih pemilu,” terang Izal sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, mulai awal tahun 2020 ini KPU melakukan trobosan melalui program PDPB. “Biasanya pemutahiran dilakukan ketika masuk dalam tahapan pemilu atau pemilihan. Sekarang KPU jauh-jauh sebelum tahapan mulai sudah melakukannya. Karena untuk meminimalisir terjadinya polemik daftar pemilih,” katanya

Ditempat yang sama, Kapolres Lampura, AKBP. Bambang Yudho Martono, S.I.K., M.Si menyambut baik program PDPB KPU dan akan membantu secara maksimal sesuai prosesur peraturan dan perundang-undangan yang ada.

“Pada perinsipnya kami selaku stake holder dan mitra mendukung dan mensupport kerja-kerja KPU. Ya nanti kita akan berikan data yang diminta KPU,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Komisioner KPU Devisi Data dan Informasi, Yansen Atik mengatakan, PDPB berdasarkan surat edaran KPU nomor 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 perihal kewajiban KPU seluruh Indonesia untuk melakuka pemutahiran data secara kontinuitas.

“Kita diwajibkan memplenokan satu kali dalam sebulan pada setiap bulannya sebagai progrest dan report kita pada pimpinan di tingkatan selanjutnya serta memplenokannya di tingkat provinsi setiap triwulannya,” terang mantan wartawan.

Masih menurut Yansen, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Lampura terakhir dalam pleno PDPB bulan November sebanyak 444.386 jiwa terbagi dalam 225.404 laki-laki dan 218.982 perempuan.

“Data kependudukan sangat dinamis. Karenanya update data melalui PDPB terus dilakukan.Untuk itu KPU membutuhkan dukungan berbagai pihak seperti Disdukcapil, Kepolisian, Kodim dan lainnya termasuk peran aktif masyarakat,” pungkasnya. (Rozi/Van/Lam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.