oleh

Satu PDP di Tubaba Positif Corona, Riwayat Kontak Pasien Dilakukan tracing

PANARAGAN – Satu pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan hasil rapid test, Kamis (16/4/2020). Pasien berjenis kelamin laki-laki ini merupakan PDP positif pertama di Kabupaten Tulangbawang Barat yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Tubaba.

“Hasil tes sudah keluar, yang bersangkutan positif. Saat ini kondisinya stabil dan terus membaik. Karena kondisinya yang terus membaik, tujuh hari ke depan kami akan kirim lagi test swab pasien tersebut,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat, Majril, kepada warta9.com.

Satu PDP yang terlah terkonfirmasi positif itu, kata Majril, sudah dilakukan tracing (pelacakan) oleh petugas kesehatan termasuk riwayat kontak dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalnya. Menurutnya pasien tersebut mempunyai riwayat dari mengikuti kegiatan tablig di Gowa, Sulawesi Selatan, pada Maret 2020 lalu.

“Semua keluarga dan riwayat kontak sudah kami lakukan tracing, dan akan dilakukan rapid test. Semua sudah masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), sudah dilakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Majril, terdapat sembilan ODP di Tubaba. Adapun PDP satu dan positif satu, dari yang sebelumnya satu orang karena sudah naik status menjadi positif Covid-19.

Majril kembali mengingatkan agar semua pihak menjaga kesehatan dan mematuhi imbauan untuk menjaga jarak (physical distancing).

”Tubaba sudah masuk zona waspada karena sudah ada yang positif. Ini harus jadi perhatian semua orang dengan menjaga kesehatan dan jaga jarak. Cek kesehatan jika ada gejala flu, batuk dan panas,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan, lanjutnya, pihaknya juga menambah jumlah bed dari 11 ruang isolasi di RSUD Tubaba. 11 ruang khusus tersebut terdiri dari dua ruangan isolasi darurat dan sembilan isolasi biasa.

Pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat se Tubaba untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Selain itu menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. Pihak kepolisian juga telah menerapkan kebijakan physical distancing untuk keluar masuk warga di sejumlah titik.

Pemkab Tubaba juga telah merealokasi APBD untuk penanganan Covid-19, baik untuk penambahan bed isolasi, APD tenaga medis, maupun berbagai alat penunjang lainnya. “Kondisi pasien saat ini masih stabil, kita berdoa semoga hasil test selanjutnya negatif,” tandas Majril. (W9-jon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed