Sekdakab Tuba: Kewaspadaan Dini Masyarakat Adalah Kondisi Kepekaan

Tulang Bawang, Warta9.com – Pembinaan Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Tulang Bawang 2018, peran FKDM dalam mencengah konflik sosial dalam pelanggaran Pemilu 2019 mendatang di Lantai II Ruang Rapat Utama Kantor Bupati, Rabu (29/08/2018).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tulang Bawang (Sekdakab) Ir. Anthoni, MM mengatakan, kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat menghadapi potensi serta indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, alam maupun bencana kerana ulah manusia sendiri, FKDM itu wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk menjaga dan memelihara kewaspadan dini masyarakat.

“Selain itu, tugas Gubernur, Bupati/Wali Kota sebagaimana membina dan memelihara ketentuan, ketertiban, perlindungan masyarakat menghadapi kemungkinan terjadi konflik Pemilu nanti dan mengoordinasikan kepada kepala desa/lurah dan kecamatan, tugasnya membina dan memelihara ketentraman, ketertiban dalam perlindungan masyarakat, sehingga tidak terjadi konflik Suku, Ras, Agama dan Golongan (Sara) kepada tokoh masyarakat, agama, pemuda, satlinmas, anggota polmas dan elemen masyarakat lainnya,” jelas Anthoni.

Menurut dia, FKDM tersebut juga menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenal pontensi acaman keamanan, gejala atau prestiwa untul upaya pencengahan dan penanggulangannya secara dini.

“Dengan begitu, memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan untuk Bupati/Wali Kota maupun Gebernur merupakan kepekaan kewaspadaan pada masyarakat pencengahan konflik yang terjadi,” ucap dia. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.