oleh

Selamat Bekerja, Hari Ini Tujuh Kepala Daerah di Lampung Dilantik

Bandarlampung, Warta9.com – Hari ini, Jumat (26/2/2021), Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, melantik dan mengambil sumpah tujuh kepala daerah kabupaten /kota hasil Pilkada serentak 2020. Pelantikan kada minus Kabupaten Pesisir Barat, karena masih dalam proses hukum di Mahkamah Konstitusi.

Kepala daerah yang dilantik yaitu;
Kota Bandar Lampung Eva Dwiana-Deddy Amrullah. Eva istri mantan Walikota dua periode Herman HN ini terpilih dengan kemenangan mutlak mengalahkan dua calon lain Yusuf Kohar dan Rycko Menoza. Tapi kemenangan Eva tidak mulus karena didiskualifikasi oleh KPU berdasarkan keputusan Sidang Bawaslu. Pasangan Eva pun melakukan banding ke MA dan paslon Eva -Deddy menang.

Lampung Selatan Nanang Ermanto -Pandu Kesuma Dewangga. Pasangan ini juga tidak mudah meraih kursi Bupati Lamsel. Sebab, kemenangan Nanang-Pandu sempat mendapat gugagatan di MK oleh paslon Tony dan Hipni. Tapi, MK menolak gugatan Tony.

Kota Metro Wahdi-Qomaru Zaman. Paslon Walikota Metro ini unik. Meski berangkat dari independent, dokter Wahdi berhasil mengalahkan tiga paslon lain. Mengukir sejarah Kota Metro seorang dokter memenangkan Pilkada dari independen.

Lampung Timur Dawam Raharjo –Azwar Hadi, paslon yang diusung PKB, GOLKAR dan PAN ini, menang menang melawan calon incumbent Zaiful Bukhori-Sudibyo dan Yusron.

Pesawaran Dendi Ramadhona-Marzuki. Paslon incumbent ini terbilang mulus dalam meraih kemenangan melawan calon bupati Nasir. Karena tidak ada gugatan sehingga Dendi melenggang meraih jabatannya dua periode.

Way Kanan Raden Adipati Surya-Ali Rahman. Paslon incumbent ini juga tidak sulit meraih kemenangan untuk periode kedua. Walau sempat terganggung dalam perjalan karena wakilnya Edwar meninggal dunia karena Covid-19, tapi Adipati – Ali Rahman berhasil mengalahkan pasanga Jupriyus-Rina.

Lampung Tengah Nusa Ahmad-Ardito. Pasangan ini juga mendapat perlawan sengit dari calon lain mantan istri bupati Nesi Mustafa dan incumbent Lukman Djoyo Soemarto. Tapi, proses hukum di MK, memenangkan paslon Musa-Dito.

Sedangkan untuk Kabupaten Pesisir Barat belum dilantik dan pihak Pemprov masih akan menyiapkan PLH Bupati karena masih bersengketa di Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Selamat bekerja kepada tujuh bupati terpilih yang dilantik hari ini. Semoga bisa mengemban amanah dari rakyat. Tujuh bupati ini akan menjalankan tugasnya hingga tahun 2024. Karena pada tahun 2024 akan digelar pemilihan kepala daerah serentak seluruh Indonesia. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed