oleh

Suasana Ramadhan, Desa Fajar Asri Jalankan Dua Program

Mesuji, Warta9.com – Meski sedang dalam suasana Ramadhan, Pemerintah Desa Fajar Asri, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji tetap menjalankan program pembangunan desa.

Diketahui, program pembangunan desa terdapat dua item kegiatan dari bidang pembangunan yang sedang berjalan yaitu ;

1. Pembangunan Gorong – gorong, adapun Pembangunan Gorong – gorong tersebut yang anggarannya bersumber dari DD tahun 2022, yang terletak diwilayah RT 002, arah TPU Desa Fajar Asri.

2. Pembangunan Sumur Bor yang anggarannya bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Desa Fajar Asri, tahun 2021, yang terletak disamping Musholla Al-Bina RT 005.

Kepala Desa Fajar Asri, Suhemi, mengatakan, kegiatan pembangunan tersebut adalah dua dari tiga sub bidang pembangunan yang direncanakan pelaksanaannya pada tahap pertama ini, satu sub lainnya adalah pembangunan Rabat Beton.

Selain itu juga, dari bidang Pemberdayaan masyarakat, kita ada kegiatan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). yang sudah kita laksanakan selama 3 bulan yaitu: bulan Januari, Februari dan Maret. untuk tahap pertama ini tinggal dua bulan lagi yaitu bulan April dan Mei tahun 2022,” terangnya, Senin (18/04/2022).

Lanjutnya, Kepala Desa Fajar Asri, Suhemi, menerangkan, Sebagaimana di ketahui, melalui Perpres Nomor 104 Tahun 2021, Pemerintah mengatur penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2022 yaitu 40% untuk BLT, 20% untuk Ketahanan Pangan, 8% penanganan Covid, dan 32% sektor prioritas lainnya.

Sehingga menjadikan Pembangunan bukan sebagai penguasa Parameter bidang dan kegiatan pada Dana Desa seperti Tahun – tahun sebelumnya. Namun begitu, Pemerintah Desa Fajar Asri berusaha tetap Konsisten menjalankan amanat dari Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengelolaan anggaran di Desa secara maksimal demi tercapai tujuan dan harapan masyarakat Desa Fajar Asri,” imbuhnya.

Sementara, M.Kholil selaku Kasi Pembangunan Desa mengungkapkan, kami pemerintah Desa Fajar Asri berkomitmen melaksanakan kegiatan terutama untuk dua item pembangunan tersebut tanpa menunggu lama, agar segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Fajar Asri terutama saat lebaran nanti. Adapun untuk BLT bulan April 2022 kita semua berharap supaya dapat segera cair dan dibagikan sebelum lebaran nanti,” tukasnya. (San)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.