Suliman, Pedagang Petis Buah Keliling Asal Lampura Ini Akhirnya Berangkat Haji

Kotabumi, Warta9.com – Dimana ada niat, disitu pasti ada jalan. Mungkin itu pepatah yang pantas disematkan untuk Suliman Musrin Adam (54) warga Gang Dahli 11, Kelurahan Tanjung aman, Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara (Lampura).

Betapa tidak, meski ayah dua anak yang sehari-hari berdagang rujak buah (petikan) keliling ini dan berpenghasilan pas-pasan, namun dapat menjadi tamu Allah SWT. Ini adalah suratan takdir, karena tak ada yang tahu jalan hidup manusia.

Kegigihannya dalam bekerja dan niat yang tulus, akhirnya memuluskan dia berangkat ke tanah suci Mekah tahun ini bersama 464 jamaah asal Lampura lainnya.

Ia masuk dalam kelompok terbang (kloter) 25 yang akan diberangkat dari Lampura menuju Asrama Haji Bandar Lampung pada Jumat (27/7/2018) sekitar pukul 05.30 WIB.

Suliman menceritakan, dirinya sengaja sejak tahun 2007 menyisihkan uang Rp 30-40 ribu perhari dari hasil menjual petisan buah keliling, demi bisa naik haji. Keliling dari kampung ke kampung dengan berjalan kaki belasan kilometer, sembari mendorong gerobaknya menjajakan petisan yang dibandrol dengan harga Rp 3 ribu per bungkus, selalu ia lakoni setiap hari demi niatnya untuk menunaikan rukun islam yang ke lima tersebut.

Meski tak setiap hari dagangannya habis, namun dia tetap semangat. Dari penjualan itu, dia hanya mendapat untung Rp 70 ribu. “Saya niat beribadah, saya nabung Rp 30-40 Ribu sisanya buat makan sehari-hari. Kaau sudah terkumpul Rp 1 juta, saya setorkan ke Bank tempat daftarkan haji,” ujar Suliman di kediamannya, Kamis (26/7/2018).

Suliman berharap agar dimudahkan segala sesuatu urusannya selama menjalankan ibadah haji nantinya. “Alhamdulillah akhirnya saya bisa berangkat haji. Saya bersyukur atas apa yang saya dapatkan,” katanya lirih. (W9-Van)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.