Targetkan Nilai Tertinggi, Pelaksanaan UNBK Hari Pertama SMAN I Metro Berjalan Lancar

Metro, Warta9.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di SMA Negeri I Kota Metro berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Bahkan SMA ini pada tahun 2018 ini kembali menargetkan nilai tertinggi.

Hal ini diungkapkan Kepala SMAN I Metro, Dra Purwaningsing, MPd, saat ditemui di ruang jerjanya disela-sela kesibukannya memantau pelaksanaan UNBK di lingkungan sekolah yang dipimpinnya, Senin (9/4/2018).

Pelaksanaan UNBK SMA ini, lanjutnya, berlangsung hingga 12 April 2018 dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan IPA (Biologi, Fisika, dan kimia,red).

Lebih lanjut, wanita yang akrap dipanggil bu Ipung itu mengatakan, tahun ini pelaksanaan ujian jenjang SMA dilaksanakan 100 persen UNBK. Meski disiaaati atau dibagi menjadi tiga sesi ujian.

“Secara umum pelaksanaan UNBK di SMAN I Metro berjalan lancar, seluruh siswa sebanyak 237 orang 100 persen berbasis UNBK, meski harus kami siasati menjadi tiga sesi, karena jumlah komputernya belom sebanyak jumlah siswanya, UNBK kami laku di tiga ruangan, ruangan TIK, ruang laburoratorium bahasa, dan ruang multi media, masing-masing terdiri dari 25, 28, dan 40 siswa, kami menargetkan tahun ini bisa meraih nilai tertinggi”, jelasnya.

Ipung dalam kesempatan itu optimis jika UNBK tidak diwarnai dengan kebocoran soal. Menurut dia, sangat sulit peserta mendapatkan bocoran karena soal yang diberikan berbasis komputer dan soal siswa satu dan yang lainnya tidak sama. Siswa diminta fokus belajar dan melaksanakan UNBK sebaik mungkin.

Untuk mengantisipasi terjadinya kendala tehnis, baik berupa terjadinya pemadaman listrik maupun gangguan jaringan internet, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak PLN maupun pihak telkom, hal itu penting untuk menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, bahkan pihak sekolah juga menyediakan genset sebagai bentuk antisipasi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, UNBK pada hari pertama itu ada beberapa pihak yang melakukan pemantauan, seperti Ketua Dewan Pendidikqn Kota Metro, H Yahya yang didampingi Darmanto, Dan Endang. Kemudian Ketua Komite, Firdaus dan sejumlah orang dari Dinad Pendidikan Provinsi Lampung. (W9-joko)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.