Terapkan Protokol Kesehatan, Destinasi Wisata di Waykanan Mulai Dibuka 

Waykanan, Warta9.com – Menyambut era new normal, Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat membuka kembali semua destinasi wisata alam yang ada di Waykanan.

Dalam operasionalnya, objek-objek wisata ini  menerapkan protokol kesehatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan oleh Pemerintah Daerah Waykanan.

Destinasi wisata alam yang sudah mulai dikunjungi wisatawan lokal antara lain, Curup Gangsa di Kecamatan Rebang Tangkas, Curup Kereta di Kampung Rambang Jaya dan Wisata Arung Jeram di Kecamatan Banjit.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Waykanan Yustian Umri Sangon, S.STP di ruang kerjanya Senin, 22 Juni 2020 menerangkan langkah-langkah sedang dilakukan dan akan diterapkan ke depan oleh Dinas Pariwisata tentang protokol kesehatan di tempat wisata.

“Kita sudah mendapat anjuran dari provinsi untuk kembali menggiatkan objek objek wisata di tempat kita dengan menerapkan protokol kesehatan new normal mulai dari pengelolanya para pengunjung dan area wisata itu sendiri. Kita menyiapkan Handsanitizer, keharusan menggunakan masker, menjaga jarak dan rutin menyemprotkan disinfektan ke area-area wisata tersebut. Jika protokol ini tidak dipenuhi maka kita punya tanggung jawab untuk menutup tempat wisata yang tidak patuh tersebut,” terang Yustian.

Ditambahkannya, seluruh tempat wisata di Waykanan diijinkan dibuka kembali, kecuali wisata kolam renang yang masih menunggu kajian gugus tugas COVID-19 kabupaten apakah sudah memungkinkan untuk dibuka atau belum.

Terkait pengunjung dari zona merah dan tarif masuk tempat wisata tersebut Yustian mengatakan, pihaknya tidak bisa membatasi para pengujung berasal dari mana, namun para pengelola akan menerapkan standard yang aman buat para pengunjung lain dengan mengacu terhadap pelayanan pelayanan yang terjadi di tempat ramai lainnya seperti mall, pelabuhan, pasar dan lainnya.

Sedangkan persoalan tarif walau ada pengeluaran tambahan pihak pengelola namun mereka tidak akan menaikkan tarif masuk kepada para wisatawan justru para pengelola berusaha memberikan diskon dengan istilah harga COVID-19.

Di tempat terpisah anggota fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kabupaten Waykanan Lukman mendukung penuh upaya pemerintah daerah menggiatkan kembali sektor pariwisata tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Pemda yang kembali membuka tempat tempat wisata di daerah kita. Upaya tersebut selain membuka kembali lapangan kerja juga dapat menggerakkan roda perekonomian di wilayah setempat. Namun saya menekankan agar protokol kesehatan harus tetap diterapkan walau kabupaten kita masuk sebagai daerah zona hijau,” paparnya.

Sementara mewakili warga penggemar wisata alam Waykanan Natalis Sapta Aji mengucapkan rasa syukur karena akhirnya tempat tempat wisata ini dibuka kembali.

“Sebagai orang yang gemar wisata alam, saya bersyukur akhirnya bisa mengajak keluarga kecil saya berwisata sehat, dekat dan terjangkau seperti sedia kala. Dengan waspada dan menerapkan protokol COVID-19 saya tidak perlu khawatir di tempat wisata tertular virus corona yang menghebohkan tersebut,” ungkap Aji. (W9_Joe)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.