oleh

Tiga Universitas di Lampung Jadi Lokasi Kegiatan Muktamar ke-34 NU

Bandarlampung, Warta9.comTiga Universitas di Provinsi Lampung menjadi lokasi kegiatan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) yang akan dimulai pada 22 Desember 2021.

Usai pembukaan Muktamar NU ke-34 yang berlangsung di Ponpes Darussa’adah Gunungsugih Lampung Tengah, 22 Desember, beberapa kegiatan dilanjutkan di sejumlah kampus yaitu; Universitas Lampung (Unila), Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dan Universitas Malahayati.

Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU, KH Imam Aziz mengatakan, panitia sudah menyiapkan jadwal/rundown sehingga secara teknis penyelenggaraan tidak ada masalah.

“Jadi, sudah menyesuaikan diri dengan keputusan PBNU dan siap melaksanakan keputusan terakhir dari PBNU dengan menyelengarakan Muktamar mulai 22 Desember 2021 untuk pembukaan, dan penutupannya 24 Desember pagi secara sederhana,” ujar KH Imam Azis.

Adapun rundown atau jadwal pelaksanaan muktamar sebagai berikut, diawali dengan kedatangan panitia dan muktamirin dari tanggal 19 sampai 21 Desember 2021. Peserta dan Muktamirin sesampainya di Lampung melakukan registrasi di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung.

Hari pertama muktamar atau tanggal 22 Desember 2021, agenda dimulai dengan pembukaan yang dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dengan peserta tidak lebih 600 orang di Pesatren Darussa’adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah.  Setelah pembukaan muktamirin menuju UIN Raden Intan Lampung dengan agenda sidang pleno 1 pembahasan dan pengesahan tata tertib Muktamar ke-34 NU.

Lalu sekira pukul 19.00 – 22.00 WIB di hari pertama dijadwalkan dengan agenda sidang pleno 2 yaitu Laporan PertanggungJawaban (LPJ) PBNU masa khidmat 2016-2021. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian komisi sidang. Hari kedua, tanggal 23 Desember 2021 rencana agenda Muktamar adalah sidang komisi-komisi, penetapan AHWA, dan pemilihan Ketua Umum PBNU.

Adapun sidang Komisi A yang membahas bahtsul masail Diniyah Maudlu’iyyah berlokasi di Auditorium UIN Raden Intan. Sidang Komisi B yang berisi Bahtsul Masail Diniyah Waqi’iyyah akan dilaksanakan di Pesantren Darussa’adah, Gunung Sugih Lampung Tengah.

Sidang Komisi C berisi Bahtsul Masail Qanuniyyah akan diselenggarakan di GSG Fakultas Syariah UIN Raden Intan. Sidang Komisi D atau organisasi dengan pembahasan AD/ART berlokasi di Aula Pertanian, Universitas Lampung.

Sedangkan Sidang Komisi E tentang program akan membahas rencana kerja satu Abad NU berlokasi di Universitas Malahayati. Sidang Komisi F atau rekomendasi dengan pembahasan rekomendasi eksternal dan internal dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno 3 pengesahan hasil sidang-sidang komisi di GSG Unila dan sidang pleno 4 penghitungan dan penetapan AHWA di tempat yang sama. Lanjutan sidang pleno 4 diselenggarakan di Pesantren Darussa’adah, Lampung Tengah dengan agenda musyawarah AHWA menunjuk Rais Aam dan pengesahan Rais Aam terpilih. Sidang pleno 5 dengan agenda pemilihan Ketua Umum PBNU dan penetapan Ketua Umum terpilih juga dilaksanakan di Pesantren Darussa’adah Gunungsugih Lampung Tengah. (W9-jam)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed