Tim Dinkes Kroscek Verifikasi Calon Desa ODF di Mesuji

Mesuji, Warta9.com Rombongan tim Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bersama Dinas Kesehatan Mesuji melakukan kroscek verifikasi calon desa Ofen Defecatioan Free (ODF) di Desa Labuhan Baru Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji, Senin (9/09/2019).

Bersama perangkat desa setempat, rombongan tim melakukan verifikasi dari rumah ke rumah (dor to dor) warga, dan melakukan peninjauan langsung fasilitas yang di miliki warga seperti sarana air bersih. Serta melakukan sosialisasi secara dialogis kepada warga Desa Labuhan Baru.

Ketua rombongan tim verifikasi Provinsi Lampung Bertha mengatakan, program ODF ini adalah program yang dijalankan pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat tentang tidak buang air besar sembarangan.

Dimana nantinya jika sudah berjalan, lanjut dia, sudah tidak ada masyarakat yang buang air besar ditempat terbuka atau sembarang tempat. Seperti sungai, kebun, semak-semak, dan lain sebagainya.

“Program ini menghilangkan kebiasaan masyarakat yang membuang air besar sembarangan, yang akan berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa dirinya sangat bangga dan mengapresiasi pemerintahan Desa Labuhan Baru dan warga masyarakatnya. Karena, katanya, masyarakat desa tersebut telah memahami pentingnya kesehatan diri dan lingkungan.

“Kita semua berharap, kedepannya Desa Labuhan Baru ini bisa menjadi desa pelopor, sebagai desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang pertama dikabupaten ini sesuai program Stop Buang Air Besar Sembarangan. Sehingga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian warga masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Labuhan Baru Suyana mengungkapkan, setelah adanya program bantuan mandi, cuci, kakus (MCK) yang direalisasikan oleh Pemkab Mesuji bagi 144 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 5 Dusun di desa tersebut. Masyarakat dan aparatur desa terus melakukan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan desa dan sekitar.

Hal ini, katanya, selain untuk mempertahankan sebagai desa ODF, juga sebagai bentuk tanggung jawab warga dalam menjaga kesehatan lingkungan demi kebaikan diri sendiri dan bersama.

“Tentunya kami mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada pemerintah atas kepedulian terhadap Desa Labuan Baru, khususnya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat desa ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, tambahnya, dirinya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Labuan Baru, yang telah bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan untuk kesehatan dan kesejahteraan bersama, pungkasnya. (W9-san)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.