Tingkatkan Pengawasan Destinasi Wisata, Camat Songgon Imbau Pengelola Taat Aturan

Banyuwangi, Warta9.com – Guna meningkatkan pengawasan dan keamanan pada sejumlah destinasi wisata di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) setempat angkat bicara, langsung mengumpulkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Pendopo Kecamatan, Jumat (23/11).

Camat Songgon, Kunta Prastawa mengatakan, sejak adanya insiden yang memakan korban jiwa di pemandian Bulu Indah, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon merupakan suatu pembelajaran bagi semua pelaku wisata.

Oleh karena itu, Kunta menghimbau kepada semua Pokdarwis, khususnya yang ada di Kecamatan Songgon, agar tetap menjalankan aktivitasnya dalam mengelola wisatanya sesuai prosedur yang telah ditentukan.

“Semua wisata jika terjadi insiden merupakan tindakan yang sifatnya membahayakan. Kami kumpulkan ini supaya pelaku wisata bisa belajar dengan insiden yang sudah terjadi,” ungkapnya.

Terkait Standart Operarisional Prosedur (SOP), Kunta menyatakan, tidak semua destinasi wisata yang ada di wilayah Songgon menjalankan SOP. Hal itu disebabkan karena adanya sekelompok masyarakat kecil yang menguasai secara sepihak pihak pada destinasi wisata tersebut.

Kapolsek Songgon AKP Bakin, melalui Kanit Reskim Aiptu Subakti juga menghimbau agar semua pengelola wisata mematuhi peraturan yang sudah ada. Semua wisata harus dilengkapi dengan SOP yang benar, agar pertanggung jawabannya biar jelas,” pungkasnya. (W9-Robby)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.