oleh

UKW Angkatan ke-52 PWI Jaya, 100 Persen Kompeten

JAKARTA — Sebanyak 17 peserta Uji Kompetensi Wartawan Angkatan ke-52 PWI Jaya, Jumat dan Sabtu (17-18/9/2021), seluruhnya dinyatakan kompeten.

“Ini kelulusan 100 persen yang kesekian dari UKW PWI Jaya,” ungkap Sekum PWI Jaya Kesit Budi Handoyo, Sabtu siang di Sekretariat PWI Jaya, lantai 9 Gedung Prasada Sasana Karya.

Tambahan 17 berkompeten dari UKW Angkatan ke-52 ini, PWI Jaya secara keseluruhan telah menyumbang sebanyak 1041 wartawan kompeten dari tiga kategori: muda, madya dan utama. Sejauh ini, secara nasional dari 545 UKW,  tercatat sebanyak 13867 wartawan berkompeten. Itu belum termasuk hasil UKW dari PWI Sumsel, yang juga berakhir Sabtu ini.

“Kita bangga, PWI Jaya menjadi penyumbang terbanyak pada keseluruhan wartawan berkompeten tingkat nasional,” tutur Kesit B.Handoyo.

Sepanjang Jumat dan Sabtu pagi, ke-17 peserta UKW Angkatan ke-52 PWI Jaya menjalani beragam ujian teori dan praktik untuk memenuhi legalitas standarisasi sebagai pekerja pers berkompeten.

Ke-17 peserta UKW kategori Muda ini berasal dari Radio Sonora (5), Warta Ekonomi (3), serta masing-masing satu dari Kabarpublik.id (1),  Indo Maritim.id (1), Bogor Update (1), Sinarnews.tv (1), Satunusantaranews (1), Matahari.tv (1), HMS.Times (1), Popmama.com (1), dan Warta Kota (1).

Mereka menghadapi empat penguji; Sayid Iskandarsyah, Abdul Rahman Lubis, Iqbal Irsyad, dan Asro Kamal Rokan. Para penguji memutuskan ke-17 peserta memenuhi kaidah sebagai pekerja pers profesional dan bertanggung-jawab.

“Kompetensi, sudah menjadi bagian tak terpisahkan pada perjalanan seluruh elemen kehidupan. Semua pekerjaan. Apa yang ditekuni,” ujar Prof.Dr.Radjab Ritonga, Direktur UKW PWI Pusat, dalam arahannya saat menutup resmi UKW Angkatan ke-52 PWI Jaya ini.

Prof.Dr. Radjab Ritonga menjelaskan, tidak mudah mencapai jenjang kompeten. Di sisi lain, keberhasilan 100 persen kompeten untuk UKW yang diselenggarakan oleh PWI memang bukan sebuah keniscayaan. Walau terbilang langka. Nyaris hanya terjadi di beberapa daerah. Bahkan ada peserta yang mengajukan banding, merasa mampu menyelesaikan semua mata uji, tetapi ternyata dinyatakan belum berkompeten. Mekanisme banding itu dimungkinkan.

Berkompeten, kata Prof. Dr. Radjab Ritonga, ibarat berangkat dari titik nol untuk memulai menjadi wartawan, yang profesional dan bertanggung-jawab.

Selamat untuk 17 peserta UKW Angkatan ke-52 PWI Jaya yang kesemuanya dinyatakan kompeten untuk kategori Muda. Tiga tahun lagi maju ke UKW kategori Madya, lalu dua tahun untuk UKW kategori Utama.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed