Umar Ahmad Apresiasi Kemandirian Penyandang Disabilitas

PANARAGAN — Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengapresiasi kemandirian penyandang disabilitas di daerahnya. Meski dilahirkan tidak sempurna, namun semangat untuk tumbuh dan berkembang tidak pernah pupus.

Hal itu diutarakan bupati saat menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2019, di Sesat Agung Komplek Islamic Center, Panaragan Jaya, Kabupaten Tulangbawang Barat, Senin (02/12).

Bahkan, lanjut Umar, meski mereka dilahirkan kurang sempurna, namun memiliki semangat untuk tumbuh dan berkembang melebihi orang normal. Selain itu juga banyak berprestasi melebihi anak-anak yang sempurna. Seperti mampu menghapal Alqur’an meski tidak bisa melihat.

Untuk itu, baik pemerintah, organisasi masyarakat sipil, institusi akademik dan sektor swasta didorong untuk mendukung organisasi penyandang disabilitas. Seperti dalam merencanakan kegiatan, dan aksi nyata yang dapat langsung dirasakan.

Dia berharap, tidak ada lagi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan sebagai warga negara. Fokus pemerintah bagi penyandang disabilitas adalah membentuk pribadi yang mandiri, untuk membentuk skill atau keterampilan.

“Saya berharap Dinas Pendidikan Provinsi Lampung bisa mempelajari aturan agar program penyandang disabilitas bisa disinergikan dengan pemerintah daerah, khususnya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tubaba,” harap bupati.

Kegiatan yang mengambil tema “Aku Kamu Kita Semua Sama” itu, juga dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Khusus Disdik Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Tubaba, Budiman Jaya.

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.