Universitas Teknokrat Bangun Literasi Bahasa Inggris Melalui Media Komik di SMPN 2 Sekampung Udik Lamtim

Pelaksana Program PKM Universitas Teknokrat Indonesia dipimpin oleh Achmad Yudi Wahyudin, bersama mahasiswanya sedang memberi pelatihan di SMPN 2 Sekampung Udik Lamtim. (foto : ist)

Lampung Timur, Warta9.com – Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Program yang terselenggara atas dukungan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI ini dilaksanakan di SMPN 2 Sekampung Udik Lampung Timur, pada Rabu (2/10/2019).

Tujuan diadakan program pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengembangkan literasi masyarakat Lampung terhadap bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Tim Pelaksana Program PKM Universitas Teknokrat Indonesia dipimpin oleh Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd. Tim menyelenggarakan pelatihan penulisan Bahasa Inggris kepada siswa di sekolah tersebut.

Tim PKM Universitas Teknokrat dalam mengadakan pelatihan penggunaan media komik digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ini melibatkan 62 siswa yang duduk di kelas 7. Menurut Achmad Yudi, Program pelatihan ini memperkenalkan aplikasi pembuat komik digital kepada siswa untuk dapat membuat cerita dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Pada proses pelatihan, siswa diajarkan terlebih dahulu mengenai percakapan interpersonal dan yang merupakan amanah Kurikulum 2013. Selanjutnya untuk lebih memotivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris media komik diperkenalkan dengan bentuk karakter yang lucu dan menarik. Selanjutnya siswa dibagi dalam 7 kelompok untuk membuat desain komik dan membuat strip komik dalam bentuk karton yang sudah disediakan.

“Terlihat siswa jadi lebih semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris dan dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok,” ujar Achmad Yudi.

Kemudian tiap mahasiswa dapat memperagakan percakapan dalam Bahasa Inggris dan terlihat percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris karena telah melaksanakan interaksi dengan rekan sejawat selama mengerjakan tugas dalam kelompok.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Sekampung Udik Lampung Timur, Drs. H. Maridi, M.M.Pd, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang memperkenalkan teknologi kepada masyarakat. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia atas kerjasama dan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diberikan kepada kami dan bermanfaat bagi siswa di SMP kami,” tuturnya.

Maridi berharap program yang diberikan mahasiswa Teknokrat dapat terus berlanjut dan dapat ditingkatkan di kemudian hari.

Sebagai informasi Universitas Teknokrat Indonesia juga tidak hanya menyelenggarakan program PKM. Namun juga menyediakan beasiswa bagi para siswa yang berprestasi namun kurang mampu di daerah. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Teknokrat untuk menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Provinsi Lampung. (W9-jam)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.