oleh

Universitas Teknokrat Dinobatkan Sebagai Kampus Hijau

Bandarlampung, Warta9.com – Program Kampus Hijau (Green Campus) Universitas Teknokrat Indonesia PTS terbaik di Sumatera dilatar belakangi antara lain lingkungan kampus yang nyaman, bersih, teduh (hijau), indah dan sehat, mendapat penghargaan UI Green Metric.

Dalam program UI Green Metric, yang ditandatangani oleh Prof. Ari Kuncoro, dan Ketua UI Green Metric Prof Riri Fitri Sari, Universitas Teknokrat Indonesia dinobatkan sebagai Green Campus (kampus hijau).

Dalam konteks pelestarian lingkungan, kampus hijau bukan hanya suatu lingkungan kampus yang dipenuhi dengan pepohonan yang hijau ataupun kampus yang dipenuhi oleh cat hijau. Namun lebih jauh dari itu makna yang terkandung dalam Kampus Hijau adalah sejauhmana warga kampus dapat memanfaatkan sumberdaya yang ada di lingkungan kampus secara efektif dan efesien. Misalnya dalam pemanfaatan kertas, alat tulis menulis, penggunaan listrik, air, lahan, pengelolaan sampah dan lain-lain.

Pengelolaan kampus yang berkesinambungan dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan merupakan suatu keharusan bagi penerapan Kampus Hijau.

Permasalahan seperti perubahan iklim, pencemaran air, udara, dan tanah, krisis air, energi, dan sumber daya alam, serta berkurangnya lahan hijau merupakan isu lingkungan global yang merupakan masalah nyata di sekitar kita termasuk dalam kehidupan kampus.

Dengan program Kampus Hijau diharapkan permasalahan seputar isu-isu global dapat dikaji lebih lanjut dan didapatkan inovasi yang menjadi solusi permasalahan tersebut. melakukan pengelolaan lingkungan secara sistematis dan berkesinambungan.

Kampus Hijau (Green Campus) merupakan refleksi dari keterlibatan seluruh civitas akademika yang berada dalam lingkungan kampus agar selalu memperhatikan aspek kesehatan dan lingkungan di sekitarnya.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, dalam wisuda, Senin (20/12/2021), menyampaikan kabar baik tentang penghargaan kampus hijau. Nasrullah menyampaikan, lingkungan kampus Universitas Teknokrat Indonesia yang asri telah mendapat penghargaan dari UI Green Metric. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed