oleh

Universitas Teknokrat Gelar Shalat Gerhana Matahari, Ajak Sivitas Akademika Syukuri Nikmat Sepanjang Tahun

Khotib sedang memberi khutbah usai Shalat Gerhana Matahari di Masjid Asmaul Yusuf kampus Universitas Teknokrat Indonesia. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Bertepatan dengan adanya gerhana Matahari. Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan Shalat Gerhana Matahari (Kusyufi Syamsi), di Masjid Asmaul Yusuf, Universitas Teknokrat, Kamis (26/12/2019).

Shalat Kusyufi Syamsi ini dilaksanakan usai Shalat Dzuhur secara berjamaah bersama seluruh sivitas akademika Universitas Teknokrat Indonesia untuk memuji kebesaran Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas fenomena alam gerhana matahari cincin yang terjadi di Indonesia.

Shalat Gerhana Matahari dilakukan sebanyak dua rakaat dengan empat kali rukuk dan sujud. Bacaan ayat pada rakaat kedua dibaca lebih pendek dibanding rakaat pertama. Sama seperti tata cara shalat yang lain, shalat gerhana diawali niat dan diakhiri salam.

Shalat Gerhana Matahari dilaksanakan berjamaah dan diikuti dengan khotbah siraman rohani yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Rahman Universitas Teknokrat Indonesia.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM. Nasrullah Yususf SE., MBA, yang mengikuti Shalat Gerhana Matahari bersama ratusana mahasiswa dan dosen, mengajak seluruh sivitas akademika Teknokrat untuk memuji salah satu kebesaran Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan mensyukuri seluruh nikmat yang telah diberikan-Nya sepanjang tahun 2019.

“Di akhir tahun ini, kami sangat bersyukur atas segala karunia yang diberikan Allah SWT kepada Teknokrat, banyak prestasi dan capaian yang didapatkan Teknokrat di sepanjang tahun ini,” ujar Nasrullah Yusuf, bersyukur.

Sebagai informasi, Universitas Teknokrat Indonesia telah mendapatkan penghargaan Rektor terbaik se-sumbagsel, Mahasiswa Berprestasi se-Sumbagsel, Penghargaan Perpustakaan BI Corner terbaik dari Bank Indonesia, Juara Kontes Robot Kapal Selam Se-Asia Tenggara, Medali Emas dan perak perhelatan Kompetisi Paduan Suara Internasional di Bali, Juara Nasional Lomba Inovasi Digital Mahasiswa, Juara Nasional Lomba Esay Matematika, Juara Nasional Statistik Infografis.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat, Dr. H. Mahatir Muhammad, SE., MM mengungkapkan, bahwa Universitas Teknokrat Indonesia berusaha mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga beriman dan berakhlakul karimah.

Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman, mahasiswa diajak senantiasa untuk membangun iman dan takwa kepada Allah SWT, sehingga selama proses perkuliahan mental dan sikap Islami sudah terbangun. “Dengan pelaksanaan Shalat Gerhana ini mahasiswa diharapkan dapat terbentuk kerohaniannya untuk senantiasa mengingat Sang Pencipta dan dapat memberikan yang terbaik dalam mengikuti perkuliahan sehingga lulus dengan baik dan meraih kesuksesan,” kata Mahathir. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed