oleh

Universitas Teknokrat Siapkan Calon Guru Profesional

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia saat PPL di SMP Perintis Bandarlampung. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com -Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dirancang untuk mahasiswa semester akhir sebagai wadah pelatihan para calon guru agar memiliki kecakapan keguruan secara lengkap dan terintegrasi. Program ini meliputi pelatihan praktik mengajar secara langsung dan latihan melaksanakan tugas serta layanan kependidikan lainnya.

Untuk kesiapan membentuk guru profesional/calon pendidik, maka mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) PTS Terbaik Sumatera Program Studi S1 Pendidikan S1 Pendidikan Olahraga, S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Pendidikan Matematika diberikan program pemagangan di sekolah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Adapun tujuan dari PPL adalah untuk mempersiapkan mahasiswa atau calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata dalam kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya untuk siap menjadi tenaga pendidik di sekolah secara profesional.

Secara khusus tujuan PPL adalah mengenal lingkungan fisik dan non-fisik (administratif, akademik dan sosial-psikologis) sekolah, memiliki penguasaan berbagai keterampilan dasar mengajar, menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situas nyata, mengembangkan kompetensi pembelajaran bidang studi yang menjadi spesialisasinya.

Mahasiswa FSIP UTI Kampusnya Sang Juara ini sebelum melaksanakan PPL mahasiswanya dibekali dengan pelatihan dalam bidang pengembangan perangkat ajar, metodologi pembelajaran, manajemen kelas, etika profesi guru dan wawasan wiyata mandala.

Mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia telah melaksanakan PPL di SMK dan SMA Negeri dan swasta berjumlah 115 mahasiswa dan 12 Dosen Pendamping Lapangan.

Eko Bagus Fahrizqi, S.Pd., M.Pd, Koordinator PPL menyampaikan, PPL telah dilaksanakan pada Agustus sampai dengan Oktober 2021 berjumlah 17 sekolah. Kerja sama tempat PPL di Kota Bandar Lampung dan 3 Kabupaten di Lampung. Adapun sekolah sebagai tempat PPL di Kota Bandar Lampung sebagai berikut: SMTI Bandar Lampung, SMKN 8 Bandar Lampung, SMKN 1 Bandar Lampung, SMKN 2 Bandar Lampung, SMKN 9 Bandar Lampung, SMK Gajah Mada Bandar Lampung, SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, SMA Perintis 1 Bandar Lampung.

Sedangkan sekolah yang di Kabupaten Pesawaran sebagai berikut: SMAN 1 Gedong Tataan Pesawaran, SMK Pelita Kabupaten Pesawaran. Kabupaten Pringsewu sebagai berikut: SMAN 1 Adiluwih Pringsewu, SMK Islam Adiluwih Pringsewu, SMA Muhammadiyah Gadingrejo Pringsewu.

Sedangkan sekolah di Kabupaten Lampung Selatan sebagai berikut: SMK Amal Bakti Jati Mulyo Lampung Selatan, SMAN 1 Tanjung Bintang Lampung Selatan, SMK Alhuda Jati Agung Lampung Selatan dan SMA Alhuda Jati Agung Lampung Selatan, demikian paparan Eko.

Mahasiswa FSIP Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera dalam PPL mempunyai tugas membantu pelaksanan administrasi sekolah, membantu pelaksanaan proses belajar mengajar, pembinaan ekstrakulikuler yang semua tugas tersebut didampingi oleh dosen guru sekolah dan dosen pendamping dari FSIP UTI. Adapun tugas dari dosen pendamping FSIP UTI memberikan arahan, mengunjungi mahasiswa, bertanggungjawab dan melihat perkembangan mahasiswa FSIP UTI selama melaksanakan PPL di sekolah, jelas Eko sebagai Koordinator PPL FSIP UTI.

Sekolah sebagai tempat kerja sama PPL mengharapkan mahasiswa FSIP UTI memperoleh pengetahuan praktis dan kemampuan profesional guru yang tidak di peroleh saat di kampus, ungkap salah satu Kepala Sekolah tempat PPL.

Dr. Heri Kuswoyo, S.S., M.Hum. Dekan FSIP Dekan FSIP UTI menyampaikan, PPL ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk pengajaran dan pelatihan mandiri yang diarahkan untuk terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis dibawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong sekolah, sehingga mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh saat perkuliahan.

Selain PPL dilakukan di sekolah tersebut, Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera dengan Sekolah melakukan Penandatanganan Kerja Sama (Mou) dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dengan Sekolah salah satunya Program PPL. Semoga dengan Kegiatan Program PPL dan program kerja sama dengan sekolah semakin memberikan dampak positif dari Universitas Teknokrat Indonesia bagi Lingkungan Pendidikan Di Provinsi Lampung,” tambah Dr. Heri. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed