oleh

UPT Samsat OKU 2 Peninjauan Beroperasi Januari 2020

OKU, Warta9.com – Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) OKU 2 Peninjauan bakal dioperasikan awal tahun 2020 mendatang, untuk mempermudah akses masyarakat dalam mengurus pajak kendaraannya.

Hal ini dikatakan oleh Kepala kantor UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan Aidi Purnawan didampingi Kepala Kantor UPT/Samsat OKU 1 Baturaja Humaniora Basili Basmark saat dibincangi diruannya, Senin (16/12).

Dikatakan Aidi Purnawan, di tahun 2020 nanti ada 8 UPT/ Samsat baru dibentuk di wilayah provinsi Sumsel termasuk UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan. “Awal 2020 ini sudah Action (beroperasi red),” kata Aidi.

Sebelumnya menurut Aidi, kantor UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan ini akan dioperasikan pada bulan Oktober 2019 lalu bertepatan dengan pelantikan dirinya sebagai kepala UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan beserta para perangkatnya. Namun karena masih ada kendala teknis dan lain sebagainya pengoperasian kantor ini terpaksa ditunda, tapi ia optimis awal Januari sudah dapat dioperasikan.

“Kalau Kantor dan SDMnya sudah siap 100 persen, tinggal sarana pasarananya saat ini masih proses,” ujarnya

Kantor UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan terletak di Jalan Putri Candri Kecamatan Peninjauan. Kantor ini akan melayani empat kecamatan yakni, Kecamatan Peninjauan, Sinar Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya dan Lubuk Batang.

“Saat ini kita masih gencar mensosialisasikan kantor ini kemasyarakat,” imbuhnya.

Terbentuknya kantor ini merupakan program Gubernur Sumsel H Herman Deru yang tujuannya untuk melayani masyarakat agar wajib pajak lebih mudah untuk melakukan pengurusan pembayaran Pajak yang tentunya juga hal ini berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumsel.

“Harapan kita masyarakat di empat Kecamatan itu bisa senang dalam mengurus pajak kendaraan karena ini lebih mudah, lebih hemat biaya karena dekat, hemat waktu. Intinya ini semacam pelayanan jemput bola,” ucapnya.

Pelayanan dikantor UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan ini sama dengan pelayanan dikantor UPT/Samsat OKU 1 Baturaja, hanya saja untuk pajak 5 tahunan atau ganti Plat kendaraan serta pendaftaran kendaraan baru untuk saat ini masih dikembalikan ke UPT/Samsat OKU 1 Baturaja.

“Kita baru pelayanan penelitian ulang atau bayar pajak tahunan, kita akan terus tingkatkan pelayanan kedepan pelayanan pelayanan pajak 5 tahun dan pendaftaran kendarana baru juga nisa dilakukan di UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan,” optimisnya.

Disinggung masalah target pendapatan tahun 2020 di UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan, Adi mengatakan belum bisa memastikan berapa besaran target ditahun 2020 mendatang karena bisanya target baru diberikan diawal tahun, namun target itu menurutnya tidak akan jauh dari target kantor UPT/Samsat OKU 1 Baturaja. “Intinya kita melayani 4 Kecamatan,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Kantor UPT/Samsat OKU 1 Baturaja Humaniora Basili Basmark atau yang lebih dikenal Belly menambahkan, peninjauan termasuk penyumbang pajak yang cukup besar sebab menurutnya berdasarkan data Peninjauan termasuk kecamatan dengan jumlah kendaran tertinggi di OKU.

Jumlah kendaraan di Peninjauan yakni sekitar 26.838 unit atau terbanyak kedua setelah kecamatan Baturaja Timur. Banyaknya jumlah kendaraan itu juga diimbangi dengan kesadaran masyarakat setempat yang taat membayar pajak. “Setelah adanya UPT/Samsat OKU 2 Peninjauan saya yakin PAD akan semakin bertambah,” tukas Belly. (W9-dody)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed