oleh

Vaksin Belum 25 %, Lampung Sudah PPKM Level 1, DPR Dorong Menkes Percepat Vaksin

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi anggota Komisi VIII DPR RI. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Meski pelaksanaan vaksinasi Provinsi Lampung belum sampai 25 persen. Tapi perubahan penurunan kasus Covid-19 di Provinsi Lampung sudah cukup signifikan.

Provinsi Lampung seperti dilaporkan Gubernur Arinal Djunaidi telah berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Terkait masih rendahnya tingkat vaksinasi di Provinsi Lampung, anggota Komisi VIII DPR RI I Komang Koheri bersama 9 anggota Dewan saat berkunjung ke Lampung, Kamis (30/9/2021), akan mendorong agar dosis vaksin yang dikirim ke Lampung dipercepat dan ditambah.

Menurut Komang, dosis vaksin pencegahan Covid-19 masih sangat minim bahkan belum sampai 25 persen. Sehingga, dia pun berkomitmen, Komisi VIII akan meminta Kementerian Kesehatan dan Presiden Joko Widodo untuk menambah vaksin.

“Kita mendukung percepatan vaksinasi di Lampung. Komisi VIII akan berkomunikasi dengan menteri terkait dan juga presiden agar kuota vaksin ke Lampung lebih di tingkatkan,” kata Komang.

Sehingga, diharapkan target vaksinasi pencegahan covid-19 di Provinsi Lampung bisa segera tercapai.
Diketahui, tingkat vaksinasi pencegahan covid-19 di Provinsi Lampung telah mencapai 20,37 persen dari target sasaran sekitar 6.645.226 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan, hal itu mengacu pada data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. “Alhamdulillah vaksinasi kita hari ini menurut data Kemenkes sudah 20,37 persen. Yang kita terima (vaksin) baru 20,73 persen, jadi wajar kan,” kata Reihana.

Dia berharap, distribusi dosis vaksin untuk Lampung terus ditingkatkan. Sehingga vaksinasi di Lampung bisa dipercepat.”Tentu ini semua lagi berjalan. Kemarjn harusnya dapat Jumat, tapi baru datang Senin. Mudahmudahan ke depan ini bisa lancar,” tuturnya.

Selain itu, dia menyebutkan, berdasarkan data Kemenkes, capaian vaksinasi secara gotong royong di Lampung telah cukup tinggi.
“Ya, kalau saya lihat data Kemenkes sudah lumayan juga vaksin gotong royong di Lampung,” sebutnya.

Terkait rendahnya vaksinasi di Lampung, Presiden Jokowi pun sudah memerintahkan Menkes dan jajaran TNI dan Polri untuk membantu mempercepat vaksinasi di Lampung. Tapi yang mengejutkan, meski tingkat vaksinasi Lampung rendah, pemerintah pusat melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Provinsi Lampung dalam status PPKM Level 1. Cepatnya penangangan Covid-19 di Lampung mendapat pujian pemerintah pusat dan hasil tim Pencegahan Covid-19 pusat Lampung PPKM Level 1. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed