oleh

Video Conference dengan Mendagri dan Menkeu Pemprov Lampung Ikuti Arahan Pemerintah Pusat Soal Relokasi dan Refocussing Anggaran

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, didampingi Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, Sekdaprov Fahrizal Darminto dan sejumlah kepala OPD, mengikuti rapat melalui video conference (Vicon) dengan sejumlah menteri.

Gubernur Arinal mengikuti vicon di ruang Command Center Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Jumat (17/4/ 2020). Gubernur Lampung Arinal Djunaidi akan mengikuti arahan pemerintah pusat terkait relokasi anggaran dan refocussing anggaran penanganan Covid-19.

Menteri yang melakukan rapat secara Vicon dengan para gubernur dan bupati/walikota yaitu; Menteri Dalam Negeri, Prof. Drs. H. Tito Karnavian, dan Menteri Keuangan, Dr. Sri Mulyani Indrawati.

Rapat terkait tata cara refocusing dan realokasi pada APBD tahun anggaran 2020 menindak lanjuti SKB Mendagri dan Menkeu no. 119/2813/SJ dan No: 177/KMK.07/2020 tanggal 9 April 2020.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Tito Karnavian menghimbau pemerintah daerah untuk menjaga kondisi ketahanan pangan di daerahnya masing- masing. Ini bertujuan memutus rantai Covid-19, untuk mengutamakan kesehatan publik bersamaan menjaga ketahanan pangan dan kesetabilan ekonomi.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan terkait refocussing dan realokasi APBD untuk kebutuhan mencegah penyebaran Covid-19 dapat memprioritaskan anggaran yang belum digunakan untuk difokuskan pada penanggulangan wabah tersebut.

Menkeu Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pendapatan negara dan daerah. Karena itu, secara otomatis APBN dan APBD juga berpengaruh dan pasti mengalami penurunan. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed