oleh

Wabup Pringsewu Terima Tim BAZNAS Provinsi, Bahas Pergantian Kepengurusan BAZNAS

Wabup Pringsewu Fauzi menerima Tim BAZNAS Provinsi Lampung. (foto : ist)

Pringsewu, Wartao.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Lampung melakukan silaturrahmi dengan Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi, SE, M.Kom, M.Esy, Akt, CA, di Kabupaten Pringsewu, Selasa (21/9/2021). Wabup Pringsewu didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Purhadi, MKes, menerima dengan senang hati Tim BAZNAS Provinsi sambil makan siang bersama

Tim BAZNAS Provinsi Lampung yang dikoordinir oleh Ahli Keuangan Nurkholis, SE.,MS.Ak.Akt, disambut dengan hangat oleh Wabup Pringsewu Fauzi. Nurkholis mengucapkan terimakasih atas sambutan yang hangat dari Wabup Pringsewu

Tim BAZNAS Provinsi Lampung menyampaikan kepada Wakil Bupati Pringsewu bahwa kepengurusan BAZNAS Pringsewu telah habis masa jabatannya pada Juni 2021. Namun hingga saat ini belum ada proses penggantian komisioner BAZNAS Pringsewu.

Karena itu, BAZNAS Provinsi memberi masukan kepada Wabup Pringsewu Fauzi terkait pembentukan komisioner BAZNAS. Dengan harapan Pemkab Pringsewu segera melakukan tahapan proses penjaringan apalagi surat dari BAZNAS pusat terkait pemberitahuan masa tugas BAZNAS Pringsewu telah disampaikan ke Bupati Pringsewu.

Nurkholis menyampaikan, BAZNAS Provinsi Lampung akan membantu proses dan tahapan perekrutan calon komisioner bila dibutuhkan. BAZNAS Provinsi juga menyampaikan kepada Wabup Pringsewu sejak berakhirnya masa jabatan BAZNAS Kabupaten Pringsewu maka ketua dan komisioner tidak bisa melakukan transaksi keuangan

Lebih lanjut Nurkholis menyampaikan, agar nantinya tidak terjadi masalah saat pergantian kepengurusan, maka pengurus yang lama harus melakukan audit keuangan melalui lembaga resmi. “Ini sangat penting, karena sistem pengelolaan administrasi keuangan di BAZNAS sangat terbuka dan transparan sesuai kegiatan yang telah dilakukan,” ujar Nurkholis.

Nurkholis menyampaikan, meski saat ini terjadi kevakuman kepengurusan BAZNAS Pringsewu, namun BAZNAS Provinsi Lampung bisa bersinergi dengan BAZNAS Pringsewu melalui sekretariat untuk membantu program BAZNAS Pringsewu dalam penyaluran bantuan. Karena itu, bila ada program-program penting yang belum dilaksanakan oleh BAZNAS Pringsewu bisa diusulkan ke BAZNAS Provinsi.

BAZNAS Provinsi saat ini sedang melakukan sinergitas dan pembinaan dengan BAZNAS Kabupaten/Kota. Sinergitas ini dilakukan dengan melakukan pembinaan dan saling melengkapi dan mengisi program.

Wabup Langsung Bertindak Cepat
Sementara itu, Wabup Pringsewu mengucapkan terimakasih atas masukan dari BAZNAS Provinsi. Terkait masa jabatan kepengurusan BAZNAS Pringsewu yang tidak bisa melaksanakan transaksi keuangan, Wabup langsung memerintahkan stafnya agar menghubungi Bank Lampung untuk sementara menyetop transaksi keuangan BAZNAS Pringsewu.

Fauzi juga menyampaikan, terkait masa jabatan pengurus BAZNAS Pringsewu yang sudah habis, Pemkab Pringsewu sebenarnya sudah melakukan pembahasan. Tapi belum dilakukan langkah-langkah atau tahapan rekrutmen calon pengurus. Dengan adanya masukan dan saran dari Tim BAZNAS Provinsi maka Wabup Fauzi menyampaikan segera akan memproses. “Ini ada Pak Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra. Nanti akan melakukan komunikasi dengan rekan-rekan BAZNAS Provinsi,” ujar Fauzi.

Menurut Fauzi, sebenarnya Bupati Sujadi juga ingin segera dilakukan regenerasi kepengurusan BAZNAS Pringsewu. Karena dengan kondisi kepengurusan BAZNAS Pringsewu saat ini banyak potensi zakat di kabupaten ini belum tersentuh sehingga pengumpulan Zakat belum optimal dan hasilnya kecil.

Dalam kesempatan ini, Wabup Fauzi juga berdiskusi dengan Tim BAZNAS Provinsi terkait beberapa program BAZNAS. Ia juga merasa iri mendengar BAZNAS daerah lain sudah banyak berbuat membantu masyarakat yang membutuhkan, sementara BAZNAS di daerahnya fakum. (W9-jam)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed