oleh

Warga Sukadana Serahkan Senpira ke Polsek Kayuagung

OKI, Warta9.com – Warga Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan kesadaran sendiri menyerahkan sepucuk senjata api rakitan jenis pistol ke pihak kepolisian Polres OKI.

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Lurah Sukadana Fahrurozi, didampingi Camat Kota Kayuagung Iskandar, S.Sos, di Mapolsek Kayuagung, Kamis (23/9/2021).

Penyerahan senpi rakitan tersebut merupakan tindaklanjut dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh jajaran kepolisian kepada warga melalui pemerintah setempat.

Penyerahan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara dari Lurah Sukadana atas nama masyarakat kepada Kapolsek Kayuagung.

Lurah Sukadana mengatakan, senpira tersebut awalnya dipegang oleh seorang warga dengan tujuan untuk menjaga diri, namun setelah sering kali berkomunikasi bersama masyarakat dengan pesan-pesan kamtibmas agar situasi kondusif, ada warga yang datang menyerahkan senpira.

“Untuk identitasnya tidak bisa saya sampaikan, awalnya warga ini datang dan berkonsultasi lalu saya jelaskan hingga akhirnya senpi tersebut diserahkan,” kata lurah.

Sebagai kepala kelurahan dirinya merasa senang ada warganya yang dengan penuh kesadaran sendiri untuk menyerahkan senpira yang dimilikinya.

“Saya berharap prilaku positif dari warga yang menyerahkan senpira ini dapat menjadi motivasi bagi warga lain,” kata dia.

Hal senada diungkapkan Camat Kayuagung, Iskandar S.Sos. Menurut camat, pihaknya juga telah mengimbau kepada kades dan lurah selaku kepala wilayah untuk dapat melakukan sosialisasi kepada warganya masing-masing.

Camat juga berharap warga lain yang saat ini masih menyimpan senjata api rakitan untuk menyerahkannya ke pihak kepolisian.

“Silahkan laporan ke kades atau lurah masing-masing nanti akan didampingi atau dititipkan kepemerintah setempat,” tukasnya.

Sementara itu Kapolsek AKP Eko Suseno mengucapkan terimakasih atas penyerahan senpi rakitan ini. warga yang masih menguasai senpi dan amunisi agar segera menyerahkannya kepihak kepolsian secara sukarela jika ingin terhindar dari jeratan pidana dalam UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Polsek Kayuagung, sambungnya, selalu aktif memberikan imbauan kepada warga yang kemungkinan masih disimpan oleh warga.(Toni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed