Memalukan, Honor Petugas Sapu Jalan di Bandarlampung Nunggak Sampai Meninggal Dunia Honor Gak Dibayar

Petugas kebersihan kumpul di Taman Dipangga mengancam mogok bila honor mereka tidak dibayarkan. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Memalukan, honor Tenaga Kerja Sukarela (TKS) petugas kebersihan yang menjadi garda terdepan kebersihan kota belum dibayar oleh Pemkot Bandarlampung.

Petugas kebersihan yang sudah panas-panasan membersihkan jalan-jalan Bandarlampung itu, ternyata hanya dilihat sebelah mata oleh Walikota Bandarlampung.

Karena itu, para petugas sapu jalan di Bandarlampung mengancam mogok dan menggelar aksi pada HUT APEKSI 27 Mei 2022 mendatang jika haknya tak dipenuhi.
Hal tersebut diungkapkan Hanafi, salah satu petugas kebersihan kepada media saat konferensi pers di Taman Dipangga, Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Jumat (20/5/2022).

“Terutama honor kami yang di 2021 ada dua bulan tidak terbayarkan, yakni Februari dan September,” ujar pria yang menjadi petugas kebersihan sejak 2014 sebagai kenek mobil truk.

Ia mengungkapkan, untuk besaran honor sebesar Rp2 juta per bulan. Ini di luar peralatan bekerja yang harus beli sendiri. “Seperti sepatu, baju, bahkan sampai sapu lidi kami beli sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Hanafi mengaku sebelum pertemuan ini dirinya mendapatkan telepon dari kepala bidang di Dinas Lingkungan Hidup. Dia mengancam akan memecat. “Tadi saya sempat ditelepon dan ancam pecat. Kami tidak takut. Kalau mau pecat, pecat satu, pecat semua!” tandasnya.

Hal ini juga diungkapkan Suryanto. Ia mengaku sudah bekerja selama dari tahun 2021 sebagai penyapu.

Menurutnya, petugas kebersihan banyak yang mengontrak dan memiliki utang dikarenakan honor sering terlambat. “Kalau nunggak terus, keluarga makan apa? Kalau kami tidak bayar kontrakan, kami bisa diusir,” kata dia.

Ia sebelumnya sudah pernah mengeluhkan masalah ini ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Namun pihak dinas hanya mengatakan pihaknya bersabar.

Baca Juga Supir Tidur lelap sambil nyetir 15 orang tewas di tol

Masih terkait honor petugas kebersihan di jalan yang nunggak, ada ada sejumlah tenaga kebersihan yang sudah meninggal dunia, honor yang nunggak belum dibayar oleh Dinas Lingkungan Hidup Bandarlampung. Tidak ada perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup terhadap honor yang belum dibayar hingga petugasnya meninggal dunia. (W9-jm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.