Aplikasi Cek DPT Hasil PkM Dosen Universitas Teknokrat Di-Launching KPU Bandarlampung

Launching aplikasi Cek DPT KPU Bandarlampung hasil PkM Dosen Universitas Teknokrat Indonesia. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Sumbangsih dosen teknik Univetsitas Teknokrat Indonesia terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung patut diacungi jempol.

Hasil karya dosen Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS Terbaik di Lampung ini, berupa aplikasi cek Daftar Pemilih Tetap (DPT). Oleh KPU Kota Bandarlampung Aplikasi Cek DPT dilaunching, Sabtu (14/11/2020).

Aplikasi ini merupakan hasil Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Universitas Teknokrat Indonesia yang diketuai oleh Jupriyadi, S.Kom, MT.

Jupriyadi menjelaskan, kegiatan PkM membuat aplikasi Cek DPT ini tercetus ketika ada mahasiswa Universitas Teknokrat melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di KPU. Kemudian ada dosen yang malakukan monitoring kepada mahasiswa yang sedang PKL.

Saat itu, lanjut Jupriyadi, dosen pembimbing bertemu dengan Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedi Triyadi, SE., SH. Dari hasil diskusi munculah kebutuhan dari KPU yaitu cek DPT. Dimana pada saat itu data pemilih hanya ada di Server lokal KPU yang belum bisa diakses melalui Internet.

“Melalui aplikasi ini, warga Kota Bandarlampung dapat mengecek status DPT serta lokasi TPS-nya. Aplikasi dapat diakses di laman dpt.kpu-bandarlampungkota.go.id. Aplikasi ini telah di-launching yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh komisioner KPU Provinsi Lampung Agus Riyanto, M.Pd.I, di Hotel Novotel, 14 November 2020.

PkM Universitas Teknokrat Indonesia yang memprakarsai aplikasi Cek DPT terdiri, Ketua PkM Jupriyadi, S.Kom. M.T, Anggota ; Andi Nurkholis, S. Samsugi, Debby Alita, Styawati dan Parjito.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triadi mengatakan, link ini merupakan aplikasi cek DPT yang basis datanya merupakan DPT Pilkada 2020 KPU Kota Bandarlampung. Diharapkan warga KTP nya Bandarlampung untuk mengecek namanya masing-masing apakah sudah terdaftar atau belum.

“Caranya pilih kecamatan, kelurahan, dan juga nama serta tanggal lahir sesuai e-KTP, khusus tanggal lahir menggunakan tanda (-).
Aplikasi cek DPT ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Dedy Triyadi.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan, aplikasi cek DPT ini dibuat khusus oleh KPU Kota Bandarlampung yang bekerja sama dengan Universitas Teknokrat Indonesia. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.