Bank Jatim Jajaki Gandeng Bank Lampung untuk Bentuk KUB

 

Surabaya, Warta9.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) tengah menjajaki untuk menambah anggota Kelompok Usaha Bank (KUB) yang sedang dibentuknya.

Saat ini Bank Jatim telah menggandeng PT Bank NTB Syariah untuk menjadi anggota KUB tersebut.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan, saat ini Bank Jatim telah melakukan komunikasi dengan PT Bank Lampung untuk masuk dalam KUB tersebut.

Meskipun, proses konsolidasi dengan Bank NTB Syariah masih dalam tahap due diligence. “Kami saat ini sedang menjajaki, walaupun baru tahap awal,” ujarnya, Senin (30/10).

Lebih lanjut, Busrul menegaskan, Bank Jatim tetap akan menyelesaikan dahulu konsolidasi dengan Bank NTB Syariah sebelum akhirnya mengajukan persetujuan ke regulator. Harapannya, proses itu bisa selesai di tahun ini.

Bank Jatim juga tetap terbuka terhadap BPD-BPD lainnya yang hendak bergabung. Mengingat, masih ada beberapa bank yang harus memenuhi ketentuan permodalan minimal Rp 3 triliun di akhir 2024.

“Kalau selesai di tahun ini, kami bisa bergerak untuk membentuk KUB bersama BPD lainnya,” ujarnya.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae bilang OJK sudah meminta BPD yang belum memenuhi modal inti untuk melakukan action plan, salah satunya membentuk KUB.

“Beberapa saat ini sedang dalam perizinan dan cukup menggembirakan animo beberapa bank untuk membentuk KUB,” ujar Dian.

Ia pun menegaskan pembentukan KUB ini tidak hanya semata-mata untuk memenuhi permodalan. Tetapi, juga terkait penguatan kualitas SDM, kualitas IT, hingga tata kelola yang baik. ”Nanti aturannya akan segera kita launch,” ujarnya. (W9-jm)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.