Bapenda Lampung Genjot Pendapatan PKB Melalui Pelayanan Samling

Bapenda Provinsi Lampung melakikan layanan pajak kendaraan bermotor melalui Samling. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung terus menggenjot pendapatan asli daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bapenda
akan mengoptimalkan pelayanan melalui Samsat Keliling (Samling).

Kepala Bapenda Provinsi Lampung H. Adi Erlansyah, SE, MM, mengatakan, langkah itu dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengikuti program keringanan pajak kendaraan bermotor (PKB). “Bulan Juli ini kami akan mengoptimalkan pelayanan melalui Samling,” kata Adi, Kamis (6/7/2023).

Selain itu, Adi mengatakan, akan menggencarkan sosialisasi bersama Tim Pembina Samsat.¬†Terdiri dari Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung PT Jasa Raharja. “Kami juga akan gencarkan sosialisasi bersama Tim Pembina Samsat,” jelas Adi Erlansyah, juga Pj Bupati Pringsewu ini.

Menurut Adi, animo masyarakat untuk mengikuti program keringanan pajak sedikit menurun. Hal tersebut terlihat dari realisasi program keringanan PKB pada bulan Juni 2023 yang menurun.

Pada Juni, realisasi program keringanan PKB sebesar Rp13,71 miliar dengan jumlah kendaraan 6.692 unit. Terdiri dari 4.779 motor dan 1.913 mobil.

Realisasi itu menurun jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. Adi merinci, realisasi keringanan PKB pada bulan April mencapai Rp14,16 miliar dengan jumlah kendaraan yang ikut 6.837 unit: 4.811 motor dan 2.026 mobil.

Lalu realisasi program keringanan pada Mei 2023 mencapai Rp17,77 miliar dengan jumlah kendaraan 6.373 motor dan 2.451 mobil. Total kendaraan 8.824 unit.

Adi berharap dengan mengoptimalkan Samling maka diharapkan akan meningkatkan pendapatan daerah. (W9-jm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.