oleh

Dirjen Keuda Kemendagri Monitoring Layanan UPTD Samsat Rajabasa

Dirjen Keuda Kemendagri Agus Fatoni meninjau pelayanan Samsat Rajabasa, didampingi Sekretaris Bapenda Jon Novri dan Kepala UPTD 1 Samsat Ervin Ferdian. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Dirjen Keuda) Kemendagri Dr. Drs. Agus Fatoni, MSi, meninjau dan memonitoring pelayanan UPTD I Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Rajabasa Bandarlampung, Selasa (21/6/2022).

Kunjungan Dirjen Keuda Kemendagri Agus Fatoni, didampingi Sekretaris Bapenda Provinsi Lampung
Jon Novri, S.STP, MIP, mewakili Kepala Bapenda Adi Erlansyah. Hadir juga Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Medyanta, Kepala Cabang Jasa Raharja Bandarlampung Ellisa Octaviani, SE dan Kepala UPTD Samsat I Bandarlampung Ervin Ferdian, SH, MM.

Kunjungan Dirjen Keuda tersebut untuk melihat langsung pelayanan masyarakat terkait wajib pajak di Samsat Rajabasa. Fatoni melihat dan memonitor langsung mulai dari pelayanan Samsat indoor, loket-loket pelayanan di Samsat Rajabasa.

Fatoni menilai perlu adanya perbaikan SOP agar pelayanan bisa lebih cepat. Dia juga mendorong optimalisasi pelayanan dengan digitalisasi agar bisa lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

Fatoni meminta jajaran Samsat Bandarlampung untuk bekerja sama dengan berbagai pihak meningkatkan pelayanan dan melakukan sosialisasi secara masif.

Fatoni pejabat eselon I di Kemendagri asal Lampung ini menyampaikan, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) masih menjadi andalan bagi Daerah, khususnya Provinsi. Namun, potensi pajak kendaraan bermotor masih belum dikelola secara maksimal.
Oleh karena itu, Fatoni menegaskan, perlu upaya semua pihak, agar pengelolaan potensi pajak kendaraan bermotor bisa maksimal, baik dari sisi perbaikan pelayanan, maupun dari sisi optimalisasi pendapatan. “Baik kualitas pelayanan maupun peningkatan pendapatan, keduanya saling terkait. Apabila pelayanan semakin baik, maka pendapatan semakin meningkat,” tambah Fatoni.

Fatoni juga mengapresiasi layanan Samsat elektronik e-Samdes dan L-Smart di Provinsi Lampung.

Selain meninjau layanan Samsat, Fatoni juga meninjau layanan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Moeloek Lampung. (W9-jam)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.