Disdikbud Lampung Lepas Kontingen LKS SMK ke Ajang LKS Nasional di Surabaya

 

Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Tommy Efra Handarta melepas kontingen LKS SMK Lampung dengan mengalungkan tanda peserta. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Drs. H. Sulpakar, MM, diwakili Sekeretaris Dinas Tommy Efra Handarta,┬áS.STP., M.Si, melepas kontingen Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) Provinsi Lampung, Selasa (17/10/2023).

Para siswa SMK ini akan berkompetisi di ajang Lomba Kompetensi Siswa Nasional Tahun 2023. LKS SMK tahun 2023, akan dilaksanakan di Surabaya Jawa Timur, pada tanggal 23 – 28 Oktober 2023.

Ajang LKS SMK siswa nasional tersebut bertujuan untuk mengukur kompetensi karakter positif, produktif, kreatif, kompetitif dan inovatif bagi peserta didik SMK.

Mengetahui peta kualitas SMK di seluruh Indonesia sesuai standar dunia usaha/dunia industri. Mempromosikan performa kerja peserta didik SMK dan meningkatkan citra SMK.

Memotivasi peserta didik SMK untuk meningkatkan keahlian sesuai standar dunia usaha/dunia industri. Mendorong produktivitas peserta didik SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatif.

Kegiatan ini juga bisa mempersiapkan peserta didik SMK dapat bersaing secara global. Mendorong peserta didik SMK untuk berkompetisi secara positif dengan tetap mengedepankan nilai kejujuran.

Sekeretaris Disdikbud Lampung Tommy Efra Handarta, S.STP, mengaku bangga dengan para kontingen. Ia berharap kontingen LKS SMK akan membawa keberhasilan dan prestasi. “Orangtua dan guru kalian dan Lampung bangga dengan kalian. Kibarkan bendera Lampung dengan prestasi, kalian bisa dan bisa membawa kemenangan,” ujar Tommy.

Lebih lanjut Tommy mengatakan,
Dinas sangat mengapresiasi semangat siswa. Karena itu, ia berharap kontingen LKS SMK mendapatkan prestasi yang membangakan Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Drs. Edi Harjito melaporkan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang akan menjadi ajang benchmark kemampuan siswa SMK yang merefleksikan kualitas pendidikan vokasi di Lampung. “Kita yakin Lampung akan membawa dan menorehkan prestasi di kancah nasional,” ujar Edi Harjito.

Pada agenda kegiatan pelepasan kontingen LKS SMK Propinsi Lampung dihadiri oleh Peserta yang akan mengikuti

Dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK Nasional Tahun 2023, Provinsi Lampung mengirimkan 30 siswa yang akan bertanding di 27 cabang lomba, dengan enam area kategori.

Enam kategori lomba yaitu ;
1. Konstruksi, Teknologi Bangunan dan Agribisnis 6 peserta
2. Seni Kreatif & Fashion 4 peserta
3. Teknologi Informasi & Komunikasi 7 peserta
4. Teknologi Manufaktur dan Rekayasa 9 peserta
5. Pariwisata & Layanan Sosial dan Individual 3 peserta
6. Transportasi 1 peserta.

Hadir dalam pelepasan kontingen LSK SMK Lampung antara lain: Kabid SMK, Dra. Zuraida Kherustika, para kepala SMK dan sejumlah pejabat Disdikbud Lampung. (W9-jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.